Saatnya Anambas Punya Kampus

0
184
MAHASISWA SBTI saat melaksanakan praktik pastry di kampus. F-ISTIMEWA

Bangun SDM, untuk Majukan Daerah

Keberadaan Perguruan Tinggi (PT) di daerah, tentunya sangat membantu dalam membangun sumber daya manusia (SDM). Termasuk membangun daerahnya.

TANJUNGPINANG – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), fokus dalam membangun dunia pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Untuk itu, KAHMI memandang perlu ada Perguruan Tinggi di Kabupaten Kepulauan Anambas. Presidium KAHMI KKA Abu Hanifah, S.Ag.MM mengatakan, Perguruan Tinggi dianggap penting karena memang sudah waktunya ada didaerah ini untuk mengembangkan SDM.

Tujuannya, agar lebih dapat berkonstribusi dalam kemajuan daerah ini.
Seperti halnya daerah lainnya, Tanjungpinang, Batam Kabupaten Bintan dan Karimun yang telah maju di bidang pendidikan termasuk PTnya.

”KAHMI berharap teman-teman dapat berkonstribusi maksimal untuk memajukan Anambas,” kata AbuHanifah, Kamis (27/6), lalu.

Ia mengungkapkan, pihaknya (KAHMI KKA) menyepakati untuk mengadakan pertemuan, kepada Pemda dan Kakankemenag Anambas terkait upaya peningkatan baca Alquran dengan peraturan Perda.

”Khusus untuk tamatan SD/MI, wajib memiliki sertifikat Tanda melek Alquran sebagai syarat untuk masuk sekolah berikut nya,” jelasnya.

Pihaknya juga memandang perlu, dan sudah saatnya Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki Perguruan Tinggi.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen dalam waktu dekat ini akan mengadakan pertemuan internal dan eksternal dalam upaya sebagai wujud nyata membentuk dan mendirikan PT di Anambas.

Kata dia, Presidium KAHMI KKA berharap, setiap insan HMI dan KAHMI yang berada di Anambas untuk selalu memberikan kontribusi untuk kemajuan Anambas dan bangsa yg tercinta ini.

”Kekuatan kader HMI dan KAHMI basisnya adalah umat dan kekuatan umat ada pada kebersamaan. Mari jaga kekuatan dengan salat berjamaah, di masjid atau musala dan tepat waktu,” katanya.

Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Anambas, agar ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang lebih baik.Untuk sejumlah infrastruktur yang telah dibangun, diakui oleh masyarakat sudah terlihat dengan baik.

Namun disisi lain, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri diperlukan.

”Kami harapkan Pemda bisa mengandeng para investor, untuk dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Terutama dibidang perikanan dan Pariwisata. Kenapa? Demikian Anambas terdiri dari mayoritas dikelilingi lautan dan pulau-pulau dihiasi pantai yang indah,” sebut warga asli Tarempa yang merantau ke kota, Rahiman ketika berkunjung di hari jadi Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) ke 11, Senin (24/6) kemarin.

Sampai saat ini, menurutnya, Pemkab Anambas telah menyekolahkan putra putri daerah untuk ilmu pariwisata.

Salah satunya dengan bekerjasama dengan Sahid Bintan Tourism Istitute (SBTI) di Lagoi, Kabupaten Bintan. Sebab, SBTI telah berpengalaman mencetak SDM pariwisata khususnya perhotelan yang langsung bekerja setelah lulus.

Pengiriman anak daerah ke SBTI, Pemkab Anambas turut membiayai pendidikan hingga selesai.

Sejak tiga tahun berturut-turut mulai dari 2017, hingga 2019 Pemda telah memberikan subsidi belajar di SBTI sebanyak 87 orang.

Bantuan itu diberikan kepada anak-anak Anambas yang tidak melanjutkan lagi ke Perguruan tinggi, dan diprioritaskan bagi anak-anak yang tergolong keluarga tidak mampu dan tentu harus melewati seleksi terlebih dahulu.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan penghargaan sebagai sponsorship terbaik dari Kampus SBTI.

Penghargaan itu diberikan pihak Kampus SBTI, karena dinilai Pemkab Anambas sangat konsisten mendidik anak daerah untuk meningkatkan SDM di bidang pariwisata. (ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here