Sahkan LPP, Dewan Kritik Silpa Rp 138 M

0
500
SERAHKAN RANPERDA: Ketua Pansus LPP Trijono didampingi Ketua DPRD Lamen Sarihi dan Plt Sekda Adi Prihantara menyerahkan Ranperda LPP kepada Wabup H Dalmasri Syam, di sela paripurna, Selasa (25/7) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

BINTANBUYU – DPRD Bintan mengesahkan Ranperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016, melalui rapat paripurna, Selasa (25/7) siang kemarin. Dari hasil pembahasan Pansus, dewan mengkritik nilai Silpa Rp 138 miliar, yang dinilai terlalu besar. Dalam pandangan fraksi, DPRD Bintan secara umum memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintahan, yang berhasil meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP), dari hasil audit BPK.

Belanja tahun 2016 mencapai Rp 927 miliar, dengan pendapatan Rp 1,048 triliun. Dari surplus Rp 121 miliar, terdapat penerimaan pembiayaan melebihi Rp 16 miliar. Sehingga, sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) melebihi Rp 138 miliar. Dari beberapa fraksi menilai, Silpa yang cukup besar itu terjadi karena perencanaan dan pengalokasian yang tidap baik, tidak tepat guna dan tidak tepat sasaran. Sementara, masih banyak program kegiatan yang belum terealisasi untuk menyejahterakan masyarakat.

Selain itu, fraksi juga mengkritik dalam penerimaan pajak dan retribusi daerah yang belum maksimal, pada tahun 2016 lalu. Diharapkan, tahun mendatang perlu dimaksimalkan dalam perencanaan dan realisasi pembangunan. Ketua Pansus LPP Trijono mengatakan, nilai Silpa tahun anggaran 2016 cukup besar. Tapi bukan karena kegiatan pembangunan yang tidak terealisasi. Silpa itu sebagian dari dana penyalur pusat (DAU) dan setoran dari Pemprov Kepri yang terlambat. ”DAU pusat dan alokasi dari dana Pemprov Kepri, baru disetorkan ke Pemkab Bintan, kan pada akhir tahun. Sehingga, dana itu masuk ke kas daerah dan jadi Silpa,” kata Trijono.

Selain pengesahan LPP, DPRD Bintan juga mengesahkan Ranperda tentang pengelolaan barang milik daerah. Paripurna pengesahan Ranperda ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo, dihadiri Ketua DPRD Bintan Lamen Sarihi, Wakil Ketua Trijono, Plt Sekda Adi Prihantara dan anggota DPRD Bintan. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here