SAKIP Mengalami Peningkatkan ke B Plus

0
81
Wan Siswandi

NATUNA – Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi mengatakan sudah banyak prestasi yang diraih oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Natuna.

Hal itu disampaikannya belum lama ini, Kantor Bupati Natuna. Diantaranya, predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Sebagaimana diketahui, ungkap Wan Siswandi, sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

”Alhamdulillah, Pemkab Natuna sekarang telah mendapatkan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) B plus. Dimana sebelumnya predikat BB. Artinya Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Natuna semakin baik,” kata Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga menekankan, agar seluruh OPD mampu mempertahankannya.

”Menjalankan dan mempertahankan predikat ini sulit. Maka dari itu mari bersama-sama bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab,” kata Wan Siswandi.

Wan Siswandi mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, untuk bekerja dengan penuh disiplin dan loyalitas tinggi kepada pimpinan.

”Baik buruknya kinerja pemerintah Natuna ini tergantung pada kerja seluruh pegawai. Untuk itu mari kita sama sama menuju arah yang lebih baik,” ajak Wan Siswandi.

Selain itu, peningkatan mutu Sumberdaya aparatur bidang kesahatan menjadi fokus utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna untuk pemenuhan aspek pelayanan kesehatan.

Selain peningkatkan sumberdaya tenaga kesehatan, juga dibarengi pembenahan fasilitas pelayanan yang ada.

Hal tersebut perlu dilakukan, agar bentuk eksistensi pelayanan kesehatan yang merata bagi masyarakat dengan menjamin kesejahteraan sosial.

”Oleh karenanya, setiap pos pelayanan kesehatan baik di tingkat desa, kecamatan sampai pada fasilitas pelayanan rujukan. Harus dapat bekerja secara sinergi, agar peningkatan mutu sumberdaya aparatur bidang kesehatan bisa sejalan,” kata Wakil Bupati Natuna Hj Ngesti Yuni Suprapti, ketika membuka Rakerkesda 2019 di Aula Natuna Hotel, Ranai Darat, Kamis (18/7) kemarin.

Menurut Ngesti, upaya peningkatan taraf kesehatan masyarakat adalah tanggungjawab bersama baik instansi pemerintahan, maupun seluruh masyarakat yang harus pula dilibatkan dalam upaya itu.

Namun, untuk mengoptimalkan peran fasilitas tersebut, upaya peningkatan sarana pendukung serta strategi pendekatan dalam upaya meningkatkan taraf kesehatan masyarakat harus terus dijadikan focus dalam penetapan program kerja. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here