Sakit, Cukup Lapor Kepada RT dan RW

0
334
CEK KESEHATAN: Petugas Puskesmas Mekar Baru bersama Mahasiswi Akbid Anugerah Bintan saat cek kesehatan Warga Kampung Wonosari RW 11 belum lama ini. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – Dokter, perawat dan bidan Puskesmas Mekar Baru Kelurahan Batu 9 Tanjungpinang siap untuk mendatangi rumah warga untuk memberikan pelayanan kesehatan. Tapi ini, khusus melayani untuk warga di Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan itu, warga bisa koordinasi dengan perangkat RT maupun RW di wilayah tempat tinggalnya.

Hal ini diungkapkan Andi Firmanda, Kepala Puskesmas Mekar Baru, Rabu (1/2).

”Dengan layanan itu, kami harapkan masyarakat mau memanfaatkan untuk memeriksa kondisi kesehatannya secara gratis,” ujarnya.

Pihaknya akan menurunkan petugas medis ke rumah warga, jika mendapatkan laporan dari pihak RT dan RW.

Hingga saat ini, pihaknya telah rutin menurunkan tenaga medisnya ke rumah warga untuk memeriksa kesehatan seperti di Kampung Wonosari.

”Kami terapkan pelayaan itu, dengan menggandeng mahasiswi keperawatan Akbid Anugerah Bintan,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman selama turun ke rumah warga, ia menyebutkan banyak warga yang mengeluh karena menderita penyakit batuk, demam, hipertensi, kolestrol hingga kesehatan ibu hamil.

Warga pun antusias dengan pelayanan Puskesmas Mekar Sari, dan berharap pelayan tersebut terus ditingkatkan.

”Tidak hanya memeriksa saja, tetapi kami juga membawa obat-obatan,” ungkapnya.

Andi juga menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan satu kali dalam sepekan bagi masyarakat yang menderita penyakit stroke. Sedangkan gangguan kejiwaan, hanya dilakukan pemeriksaan dua kali dalam sepekan.

”Di sela-sela pemeriksaan, petugas juga memberikan penjelasan tentang pola menjaga kesehatan. Mulai dari makanan, serta manfaat buah dan sayur mayur,” terangnya.

Sebagai tenaga kesehatan, turun ke masyarakat merupakan bentuk kepedulian dan pengabdian ke masyarakat. Dengan turun langsung ke masyarakat, diharapkan mahasiswi yang terlibat dapat lebih memahami cara melayani dengan dukungan sarana puskesmas.(Andri DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here