Saling Lempar Tangan untuk Kelola Taman Budaya

0
262
Rumah adat di Taman Budaya Senggarang terus dibenahi oleh pemerintah. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Taman Budaya Raja Haji Fisabilillah di Senggarang telah dibenahi tahun lalu tahun lalu. Anggarkan yang dihabiskan Rp 1,2 miliar. Namun, siapa yang mengelola taman yang dibangun sejak zaman Wali Kota Tanjungpinang Hj Suryati A Manan sampai kini, belum jelas. Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin mengatakan, pihaknya tidak keberatan untuk memanfaatkan serta memfungsikan Taman Budaya tersebut.

Hanya saja, perlu duduk bersama antara Disparbud Kota Tanjungpinang dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan pemukiman Kebersihan dan Pertamanan (Disperkim), Penjab Wako Tanjungpinang. Tujuanya, agar pengelolaan miniatur rumah adat, jelas dilimpahkan ke dinas mana tersebut. Sementara, status pengelolaan rumah adat tersebut masih di Disperkim Kota Tanjungpinang.

Selain status pengelolaan, miniatur rumah adat tersebut akan dibuat apa, dari mana anggaran perawatan, tenaga teknis, aliran listrik yang akan digunakan dari mana, kebutuhan air dan masih banyak lagi. ”Ini perlu kita bicarakan bersama. Intinya, manajemen pengelolaan miniatur rumah adat tersebut,” kata Raja kepala Tanjungpinang Pos, Selasa (1/5).

Memang benar, kata Raja, pihak Disperkim Kota Tanjungpinang pernah mengirim surat ke Disparbud melalui Walikota Tanjungpinang, terkait untuk difungsikan miniatur rumah adat tersebut. Hanya saja, pihaknya sudah membalas surat tersebut ke Walikota Tanjungpinang.

”Kita ingin Walikota Tanjungpinang panggil dua dinas terkait, untuk duduk bersama membahas pengelolaan rumah adat tersebut. Ini lebih baik,” terang dia.

Menurutnya, rumah adat yang berada di kawasan Taman Budaya memiliki potensi wisata yang cukup besar. Jadi, rumah adat yang berada di Kelurahan Senggarang, segera difungsikan. Agar lebih banyak masyarakat maupun turis dari luar negeri datang untuk mengunjungi rumah adat tersebut. ”Budaya, wajib kita kembangkan bersama. Pasti pariwisata kita maju,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here