Sambut Imlek Warga Hias Gapura

0
1313
KENDARAAN roda dua terlihat melintasi gapura yang di pasang di Pelantar II, Kota Lama Tanjungpinang.f-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANUNGPINANG – Menyambut perayaan tahun baru Imlek 2569, suasana kemeriahaan sudah terlihat di kawasan Kota Lama sudah terlihat. Meski satu bulan lagi, tepatnya 16 Februari mendatang, namun warga yang tinggal di daerah Pelantar II, sudah menghiasi gapura dengan pernak-pernik Imlek.

Pantauan di lapangan, gapura yang tinggi sekitar tiga meter ini dihiasi dengan berbagai ornamen tulisan Tionghoa serta dilengkapi dengan lambang shio. Selain itu, gapura di pasar Tanjungpinang juga dipasang lampion menggambarkan kemeriahaan berwarna merah.

Menurut warga sekitar, Ahua bahwa membuat gapura di depan pintu masuk Pelantar II merupakan tradisi turun temurun. Hari biasa, gapura tersbeut tidak ada. Dipasang untuk menyambut Imlek. ”Setiap tahun gapura selalu dipasang, selain nanti juga ada lampion yang menghiasi sepanjang jalan-jalan di pasar,” katanya Minggu (14/1).

Baca Juga :  Putaran Siklonik Kuat, Curah Hujan Tinggi

Ia menambahkan, pada malam hari lampu dari gapura dan lampion dihidupkan, tanda riuh kemeriahaan. ”Ini pertanda Imlek sudah dekat, jadi warga sudah mulai mengemas dan mempersiapakan suasana Imlek di jalan maupun rumah masing-masing,” sebutnya.

Ia menuturkan, menjelang Imlek juga kebanyakan dari masyarakat atau pedagang mulai berjualan sampai malam hari, jenis jualannya juga pernak-pernik Imlek. Direncanakan akan dimulai 15 Januari mendatang. ”Biasanya ada pasar malam yang dibuat untuk memeriahkan Imlek yang di hadiri elemen masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :  Jaga Kebugaran dengan Program Germas

Ini membuktikan Kota Tanjungpinang terdiri atas beragam etnis, suku, budaya dan agama namun tetap hidup berdampingan . Keragaman budaya itulah yang menjadi ciri khas.

Tak hanya dipenuhi hiasan khas imlek, pasar imlek juga diramaikan stand-stand yang menjual aneka produk mulai dari makanan, pernak-penik khas imlek, pakaian, serta barang-barang lainnya.

Bahkan kerap dimeriahkan dengan panggung budaya, festival lampion, dan pesta kembang api. Menjadikan Kota Tanjungpinang destinasi seru. Sementara pengunjung pasar Tina menilai, hiasan menyambut Imlek menarik perhatian. Meski bukan merayakan, namun senang dengan berbagai tradisi yang dilakukan warga Tionghoa. “Ini juga merupakan daya tarik bagi para wisatawan,” paparnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here