Sambut Kapolri, Nurdin Lapor Kepri Aman

0
669
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun menyambut Kapolri di Ruang VVIP Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (9/2). f-istimewa/humas pemprov kepri

BATAM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyampaikan bahwa sampai saat ini Kepri dalam kondisi aman dan kondusif. Koordinasi dan komunikasi seluruh instansi cukup bagus hingga kondusivitas Negeri Segantang Lada ini tetap terjaga.

Hal itu disampaikan Nurdin saat menyambut Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian sesaat setelah tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (9/2). ”Dukungan masyarakat juga sangat penting untuk mewujudkan kondusifnya Kepri,” kata Nurdin.

Tito tiba sekitar pukul 14.00 setelah menghadiri Puncak Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang yang dihadiri Presiden Joko Widodo. Sebelum terbang, Tito terlebih dahulu menunaikan Salat Jumat di Masjid Darussalam, sekitar 500 meter dari Minangkabau Internasional Airport.

Tito hadir bersama Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Saat menyambut Kapolri Tito dan Asman tampak hadir Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kapolda Kepri Irjen Pol. Didid Widjanardi, Kajati Kepri Yunan Harjaka, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI R. Eko Suyatno, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan, Kabinda Kepri Brigjen Pol. Suharyono.

Hadir juga Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol. Richard Nainggolan, Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Kapolresta Barelang Kombes Pol. Hengki, Dandim 0316/Batam Letkol Inf. Edy Widyanto.

Usai menyambut Kapolri, Nurdin menyampaikan, bahwa dia selalu mengajak masyarakat bersama-sama untuk membuat Kepri selalu aman dan nyaman. Kenyamanan ini sangat penting untuk menarik banyak hal, seperti investasi dan wisatawan.

”Investasi dan pariwisata menjadi salah satu penggerak ekonomi Kepri. Kita harus bersama-sama menyambutnya dengan membuat Kepri terus kondusif,” kata Nurdin.

Pada kesempatan itu, Nurdin kembali mengajak Kapolri berkunjung ke Tanjungpinang.

Minta Tak Diliput Wartawan
Sebagai pejabat publik di negeri ini, kehadiran Kapolri dimana-mana selalu mendapat perhatian baik media massa maupun masyarakat. Namun, kali ini kedatangan Kapolri ke Batam seakan ditutup-tutupi. Bahkan wartawan dilarang mengambil foto Kapolri dari dekat. Padahal, masyarakat ingin tahu apa agenda Kapolri datang mengunjungi daerah ini.

Pada kunjungan ini, awak media dilarang untuk mendekat ke pintu masuk ruang VVIP Bandara Hang Nadim saat Kapolri tiba. Bahkan saat Kapolri hendak keluar ruangan, wartawan diminta untuk tidak mengambil foto dan diminta menjauh.

Wartawan yang tetap nekad mengambil foto dihalang-halangi. Aparat kepolisian menutup pandangan wartawan yang hendak mengambil gambar. Namun beberapa fotografer memilih mengambil gambar dari jauh. ”Ini kunjungan Kapolri pribadi, terbang dari Padang, setelah menemani Presiden. Jangan diliput, ambil gambar dari jauh saja,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga.

Sementara Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol Naek Pamen Simanjuntak mengatakan, kunjungan itu merupakan kunjungan internal. Sehingga dia sempat meminta wartawan untuk pulang. Dia meminta wartawan pulang dengan alasan, menjalankan tugas.

”Ini kunjungan internal. Bagus kalian pulang saja. Kalian menjalankan tugas, saya juga menjalankan tugas,” tegasnya.

Seorang pejabat yang ikut menjemput Kapolri yang enggan mengungkap namanya, mengaku tidak tahu agenda Kapolri. Disebutkan, dirinya hanya ikut menjemput. ”Kami hanya jemput beliau. Agenda kita tidak tahu,” ucapnya.

Namun informasi yang diperoleh Tanjungpinang Pos, Kapolri setibanya di Bandara Hang Nadim, langsung menuju Polres. Sementara wartawan yang biasanya pos di Polres sudah dibawa aparat Polres jalan-jalan ke daerah Rempang-Galang. Sehingga saat Kapolri tiba di Polres, wartawan tidak ada yang ada di lokasi. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here