Sambut Ramadan ke-27, Warga Hiasi Gapura

0
1994
DIHIAS: Salah satu gapura gerbang Dusun pada perayaan likuran tahun lalu yang telah menjadi tradisi. f-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – Setiap menjelang puasa Ramadan ke-27, masyarakat menghiasi jalan dan rumah dengan lampu obor sebagai penerangan. Tradisi tersebut dilakukan masyarakat setempat setiap tahun dan selalu meriah dengan banyaknya lampu yang menyala.

Menurut warga, hal itu menyambut likuran pada Ramadan tahun ini. Beberapa dusun telah mulai membangun gerbang hias di pintu masuk kampung. Gerbang hias nantinya akan dibuat sedemikian indah, juga dihiasi dengan tulisan kaligrafi dan ditambah penerangan. Untuk itu, setiap dusun berlomba lomba agar gapura yang dibangun terlihat menarik dan bersaing dengan dusun lain.

”Meskipun tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga belum mengumumkan, apakah ada penilaian terhadap Gapura Likuran di malam sepuluh hari menjelang Idul Fitri, namun masyarakat tetap semangat membangun Gapura,” kata Madi warga Raya, kemarin.

Di daerahnya, masyarakat yang dimotori Karang Taruna setempat berencana membangun gerbang yang permanen. Hal ini dilakukan agar setiap kali datang bulan Ramadan, warga tidak lagi sibuk membangun gerbang likuran.

”Paling yang berubah hanya hiasan dan lampu lampunya, sedangkan bangunannya sudah ada,” katanya. Ia mengatakan, meskipun kondisi ekonomi sedang sulit saat ini, namun semarak Ramadan tidak boleh luntur. Dengan gotong royong dan perlengkapan seadanya, diharapkan tradisi-tradisi itu harus dapat dipertahankan. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here