Sambut Ramadan, Ribuan Siswa Pawai

0
192
PARA siswa dari sekolah-sekolah yang tergabung di JSIT Kota Tanjungpinang mengikuti Pawai Ramadan di Bintan Center, Jumat (3/5) kemarin. F-martunas/tanjungpinang pos

11 Sekolah Group JSIT Tanjungpinang Turun ke Jalan

Sekitar 2.000-an siswa sekolah Islam yang tergabung di Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Tanjungpinang menggelar pawai menyambut Ramadan di Jalan D.I Panjaitan Batu 9 Tanjungpinang, Jumat (3/5) kemarin.

TANJUNGPINANG – Peserta dilepas Riwayat Kabiro Kesra Pemko Tanjungpinang didamping Ketua JSIT Provinsi Kepri Ustaz Muqtafin MP.d dan Ustaz Fadil selaku Ketua JSIT Tanjungpinang sekaligus ketua panitia pelaksana.

Para siswa ini berasal dari 11 sekolah yang tergabung di JSIT yakni, 2 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 3 RA (TK), 4 SDIT dan 2 SMPT.

11 sekolah itu adalah, SDIT Al-Madinah, PAUD As-Sakinah, RA Acqis, PAUD Ashabul Quran, RA Al-Madinah, RA Al-Uswah, SDIT Al-Madinah, SDIT As-Sakinah, SDIT Ar-Refah, SDIT Al-Fatih, SMPIT As-Sakinah dan SMPT Al-Madinah.

Tabuhan drumband dari SDIT As-Sakinah dan SDIT Al-Madinah menambah meriahnya pawai tersebut. Siswa yang lain juga memainkan alat musik lainnya tentang lagu-lagu perjuangan.

Ada juga kreasi lainnya seperti sepeda hias serta spanduk menyambut Ramadan. Para orangtua nampak meramaikan kegiatan itu. Masyarakat juga menyaksikannya sepanjang jalan.

Pawai dikawal kepolisian dan juga Dinas Perhubungan Kota Batam. Pawai start dari dengan Bank RiauKepri Batu 9 menuju Terminal Sungai Carang untuk SD dan SMP. Sedangkan RA dan PAUD pawai sampai depan Masjid Besar Al-Uswah Batu 10 saja.

Riwayat menyampaikan ucapan terimakasih atas nama Pemko Tanjungpinang atas digelarnya acara itu. Kegiatan pawai Ramadan tersebut sangat bagus dan hendaknya dilakukan secara rutin setiap tahun.

Ia juga bangga karena Pemko diberi kesempatan untuk melepas pesertanya. ”Ini acara yang luar biasa. Kita bangga. Kita senang dan kita ucapkan terimakasih banyak buat panitia dan pihak yayasan,” sebutnya.

”Ini merupakan gebrakan yang luar biasa dari berbagai yayasan. Kami Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat mendukung,” tambahnya.

Muqtafin saat mendampingi Riwayat menyebutkan, acara itu memang dilakukan setiap tahun sejak 2015.

”Ini tahun kelima kami mengadakannya. Kita turut memeriahkan dan menyambut Ramadan tahun ini,” kata pria yang juga Ketua Yayasan Bina Insan Sakinah (YBIS) Tanjungpinang itu.

Fadil menambahkan, awalnya mereka menyelenggarakan kegiatan itu di daerah Pamedan. Namun jarak jalan yang dilalui peserta terlalu panjang. Karena itu, mereka memindahkannya di Bintancenter.

Selain karena daerah Bintancenter sudah padat, rata-rata sekolah yang tergabung di JSIT ada di Tanjungpinang Timur. Sehingga memudahkan orangtua mengantarkan anaknya pagi-pagi ke lokasi pawai.

Fadil menyebutkan, pihaknya akan terus menggelar kegiatan yang sama setiap tahun. Tujuannya untuk menyemarakkan persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

”Kita ingin memanfaatkan momen ini untuk menyambut bulan suci Ramadan. Bulan Ramadan terbaik. Bulan yang penuh kemuliaan. Anak-anak juga sangat senang menyambutnya,” jelas Fadil.

Kegiatan itu juga untuk mengingatkan anak-anak yang berada di bawah JSIT bahwa Ramadan sudah dekat. Jangan terlena lagi dan harus mulai mempersiapkan diri.

Adapun beberapa sekolah di bawah naungan Yayasan Bina Insan Sakinah Tanjungpinang yakni, PAUD, RA, SDIT As-Sakinah, SDIT-Arrefah dan SMPIT As-Sakinah.

Nampak mobil Satlantas Polres Tanjungpinang berada di depan yang melaju perlahan-lahan. Kemudian, para guru ikut mendampingi siswa agar tidak jauh dari barisan.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here