Sampah Masih Menumpuk di Pasar

0
840
MEMBERSIHKAN: Petugas kebersihan saat membersihkan sampah yang menumpuk di Pelantar. F-DOK/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sampah masih menjadi masalah di kawasan Pasar Tradisional Kota Lama. Masih banyak sampah yang menumpuk ditengah dan pinggir jalan akses menuju pasar tersebut.

Pantauan dilapangan, di daerah pasar tempat sampah yang tersedia hanya di Lorong Gambing dan Jalan Pos. Sedangkan lorong-lorong lainnya belum tersedianya tempat pembuangan sampah sehingga masyarakat membuang sampah sembarang.

Sampah yang menumpuk di pinggir jalan seperti di depan jalan masuk Pelantar III, Jalan Gambir dan lorong-lorong Pasar bawah. Banyak sampah tersebut berasal dari sampah sayuran yang dibuang oleh para pedagang dan masyarakat.

Baca Juga :  Sosialisasi Kamtibmas Melalui Gotong Royong

Pengunjung pasar, Rio mengatakan, sampah berserak selain minimnya kesadaran warga untuk membuang pada tempatnya, juga karena fasilitas yang tidak memadai.

Tempat sampah sangat tidak selalu tersedia disetiap lorong. Sehingga orang yang berbelanja karena sulit menemukan tempat sampah, akhirnya membuang sembarangan.

”Tidak ada tempat sampah sehingga masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” katanya Selasa (10/10).

Menurutnya, kurangnya kesadaran dari pedagang dan pengunjung pasar juga menjadi pemicu utamanya. ”Setiap harinya banyak menumpuk sampah di daerah pasar kita, kesadaran dari diri sendiri juga sangat diperlukan,” sebutnya.

Baca Juga :  Hidran Standby di Pelantar

Sementara salah satu pedagang di Pasar Bawah, Junai mengakui jika sampah-sampah sayuran dan lainnya akan dibuang usai berjualan ke tong sampah yang ada di Lorong Gambir.

Setiap pedagang juga membuang sampah dan membersihkan sampah yang berada dibawah meja jualan setelah menutup meja jualan. ”Kita kumpulkan dahulu usai berjualan baru kita buang ke tong sampah,” tuturnya.

Hanya saja, memang jauh, tetapi tak ada pilihan harus demikian. Meskipun mengaku, setiap hari ada petugas dari BUMD yang memungut biaya kebersihan. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here