Sampah Menumpuk, Dinas Sebut Itu Tugas Kelurahan

0
511
MELINTAS: Pengendara sepeda motor melintas di lokasi yang banyak tumpukan sampah, di daerah Pasar Bukit Tembak, Meral, Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Imbauan membuang sampah pada tempatnya oleh Pemerintah Kabupaten Karimun, masih juga diabaikan oleh masyarakat.

Kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih tergolong sangat rendah, hal ini terlihat dari tumpukan sampah beberapa titik pinggir jalan.

”Ada Perda tentang Kebersihan tetapi tidak pernah diterapkan kepada mereka yang melanggar yaitu membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya,” kata Rumiyah warga Pemukiman Wonosari, Meral, Karimun Jumat (3/2).

Kendaraan angkutan sampah milik kelurahan, juga tidak setiap hari berkeliling mengumpulkan sampah di wilayahnya. Sehingga, tumpukan sampah banyak di pinggir jalan.

Seperti di Jalan Stadion Badang Perkasa, jalan menuju Kampung Harapan atau perumahan Mentari Clasic dan sekitar Meral.

Imbauan berupa spanduk yang dibuat Dinas Pemukiman, Perumahan Kebersihan dan Pertamanan Karimun tidak dihiraukan. Bahkan tulisan hujatan yang dibuat warga disekitar tempah sampah, tidak digubris orang tidak bertanggungjawab.

Tumpukan sampah yang tidak diangkat menimbulkan bau tidak sedap, pemulung yang membuka kantong sampah mencari barang bekas yang masih memiliki nilai ekonomis dan membiarkannya kembali terbuka, hal ini menambah aroma bau tak sedap tercium pejalan kaki.

“Untuk penanganan kebersihan di Kelurahan sudah menjadi tanggung jawab pihak kelurahan. Karena, telah disediakan alat pengangkut sampah, untukdiantarkan ke bak penampungan yang telah ditentukan” kata Kepala DPPKP Karimun Rosmawati singkat. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here