Sampah Plastik Jadi Premium

0
376
Kepsek SMAN 4 Tanjungpinang Dr Darson SPd MSi, majelis guru dan pelajar mengamati alat pengolahan sampah plastik menghasilkan premium, Senin (23/4) lalu di sekolah itu. F-yusfreyendi/tanjungpinang pos

Karya Spektakuler OSIS SMAN 4 Tanjungpinang

Maha karya spektakuler siswa SMA Negeri 4 Tanjungpinang ini patut diacungkan jempol. Di saat subsidi BBM mulai dicabut, OSIS SMAN 4 Tanjungpinang bisa menciptakan bahan bakar premium (bensin) dari sampah plastik.

TANJUNGPINANG – Hasil karya anak negeri itu didemonstrasikan OSIS SMAN 4 Tanjungpinang, di depan kepala sekolah dan para majelis guru serta pelajar lainnya, Senin (23/4) siang lalu.

Para siswa membuktikan, hasil praktik tentang pengolahan sampah plastik, bisa menjadi BBM jenis premium. Proses pengolahannya, sampah plastik dimasukkan ke dalam wadah atau tabung yang terbuat dari besi jenis aluminium, seperti panci. Kemudian, panci ini dipanaskan dengan api dari tungku yang berada di bawahnya. Sepintas, seperti memasak air.

Untuk pembakaran ini, bisa menggunakan kompor gas, kayu atau briket. Namun, panci posisinya harus sangat panas. Sehingga, sampah plastik yang dibakar dalam panci, akan berbentuk bubur plastik. Dari wadah penampung bubur plastik ini, akan menghasilkan uap panas yang disuling dan disalurkan melalui pipa, yang terdiri dari pipa uap (kepulan asap) dan pipa saluran tempat keluarnya cairan dari pemisahan uap tersebut. Nah, cairan ini yang merupakan produksi premium (bensin) dari hasil olahan sampah plastik tersebut.

Eksperimen dari penyulingan hasil pembakaran sampah plastik, kemudian menghasilkan uap panas, dan menghasilkan bensin ini adalah binaan Kepsek SMAN 4 Tanjungpinang Dr Darson SPd MSi. ”Eksperimen ini merupakan termasul program Adiwiyata SMA Negeri 4 Tanjungpinang, dalam menciptakan teknologi tepat guna (TTG),” kata Darson.

”Konsep TTG yang kami ciptakan ini mudah, sampah plastik diubah menjadi bensin,” sambungnya.

Dari praktik tersebut, cairan yang ditampung dari hasil uap panas pembakaran atau peleburan sampah plastik itu, kemudian dilakukan uji coba menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) sepeda motor.

”Nah, bensin dari daur ulang sampah plastik ini bisa digunakan untuk sepeda motor. Sudah kami buktikan, bisa dipakai untuk motor,” jelas Darson yang turut dibenarkan oleh Muhammad Zeky.

Namun, untuk kualitas BBM dari cairan pengolahan sampah plastik karya spektakuler dari OSIS SMAN 4 Tanjungpinang ini, belum dilakukan uji labor. ”Berapa ron dari premium ini, belum kami ketahui. Perlu diuji pada lab,” demikian Darson dan M Zeky.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here