Sanitasi dan SPAM Mulai Dikerjakan

0
74

Proyek fisik Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Sanitasi mulai dikerjakan. Proyek yang dianggarkan di APBN ini menghabiskan anggaran sekitar Rp15 miliar.

TANJUNGPINANG – Dana sekitar Rp11 miliar untuk pembangunan Sanitasi dan sisanya Rp4,5 miliar untuk pembangunan SPAM di tiga lokasi. Proyek ini dikerjakan oleh bidang Bidang Cipta Karya (CK) di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tanjungpinang.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU Kota Tanjungpinang, M Irfan pembangunan SPAM di tiga lokasi dan 22 sanitasi. Dituturkannya, rata-rata lelang proyek selesai Mei lalu dan pekerjaan dilaksanakan awal Juni kemarin. Sesuai perjanjian dengan kontraktor pekerjaan akan selesai 180 hari atau enam bulan, dari mulai pengerjaan.

Sambung dia, pembangunan SPAM yaitu dua sumur bor berada di Kampung Bulang dan Kampung Kolam, Gang Salam, Kelurahan Sungai Jang. Sedangkan satu lagi pemanfaatan permukaan air atau embung di Pinang Kencana. ”Pembangunan sumur bor dan sanitasi masih proses,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (11/6).

Irfan menuturkan, masyarakat nantinya tinggal menikmati, sebab pembangunan SPAM nantinya sudah termasuk sambungan selang lengkap dengan meterannya.

Dituturkannya, terkait pembangunan satu titik sanitasi mampu menampung kebutuhan 50 rumah. Dicontohkannya, di kawasan Kampung Bugis khususnya pesisir, tahun ini akan dibangun empat sanitasi.

Pembangunan sanitasi di Kampung Bugis tahun ini, dinilai belum bisa menyelesaikan 100 persen kebutuhan warga di sana. Namun setidaknya sudah mengurangi. Terkait pengelolaan SPAM nantinya melibatkan masyarakat dibawah kepengurusan UPTD Pemko Tanjungpinang. Sedangkan sanitasi, di kelola masyarakat melalui kelompok yang dibentuk. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here