Sapi Limosin Diternakkan di Agromarina

0
27
Sejumlah siswa mengunjungi peternakan sapi di Tanjung Riau. f-Humas BP Batam

Agromarina Minta Dijadikan Pertanian Terpadu

BATAM – Forum Komunikasi Petani Temiang meminta agar Agromanrina, dijadikan kawasan pertanian terpadu. Petani mendukung Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk terus meningkatkan Kawasan Agromarina menjadi sentra pertanian terpadu atau integrated farming. Di mana, saat ini di sana, sudah ada petani bunga, peternakan sapi dan kambing. Bahkan sapi limosin perancis diternakkan di Agromarina Batam.

Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Syakir mengatakan, kawasan tersebut awalnya memang pengembangan kawasan industri pertanian terpadu (KIPTS). Dan sudah punya master plan yang disusun oleh BP Batam bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor tahun 2004.

”Seiring dengan keterbatasan daya dukung lahan di sana antara lain unsur hara-nya kurang dan tanahnya cenderung asam,” katanya.

Selain itu, ada keterbatasan air terutama di musim kemarau, cukup menantang untuk pengembangan pertanian skala besar. Maka untuk itu perlu ditambah kegiatan yang nilai tambahnya lebih tinggi. Masterplannya disempurnakan menjadi kawasan agrowisata pada tahun 2014 bekerja sama dengan Universitas Indonesia.

”Jadi kegiatan pertaniannya tetap dikembangkan ditambah juga sebagai destinasi wisata,” tambahnya.

Di lokasi itu diakui, saat ini dikembangkan peternakan sapi dan kambing yang ada di Agromarina, Tanjungriau – Sekupang Batam. Meski lokasinya cukup jauh dari pusat kota, namun jalan-jalan ke peternakan Agromarina tidak akan sia-sia. Jumlah peternak di sana cukup banyak.

”Anda mau sekedar jalan-jalan atau pun mau membeli sapi atau kambing, banyak pilihan di sana,” kata Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa.

Selain dapat membeli hewan ternak, lokasi tersebut juga untuk wisata edukasi anak sekolah. Di sana bisa berwisata sambil mengenal aneka jenis sapi dan kambing dengan mengambil paket edukasi agrowisata. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here