Sarana Jalan Harus Bersertifikat

0
150
Seorang pengendara di Jalan Poros Karimun, yang kurang memahami aturan lampu tangan. F-ISTIMEWA
Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai tahun ini, akan melengkapi seluruh ruas jalan di Bumi Berazam Karimun dengan sertifikat.

KARIMUN – ”Ia benar, mulai tahun ini akan mulai melengkapi jalan yang dibiayai APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN dengan sertifikat. Harusnya, memang sudah disertifikat jalan,” kata Kadis PUPR Karimun.

Zulfan menambahkan, jumlah ruas jalan keseluruhan yang ada sedang didata. Setelah itu, lanjut dia, baru disertifikat atau dilengkapi dengan dokumen resmi.

Untuk menerbitkan sertifikat akan koordinasi dengan instansi pemerintah lainnya dan berapa persilnya belum dapat diketahui.

Sebagaimana ketentuan dari BPN, biasanya satu ruas jalan dapat menjadi 5 persil dan Jembatan masuk jadi 1 persil.

”Jika PUPR Karimun memulai membuat sertifikat jalan milik Pemerintah Daerah. Sekaligus dengan jalan Desa dan Jalan Lingkungan. Disarankan dilakukan verifikasi faktual” kata Ketua LSM Kiprah, Jhon Syahputra.

Menurut dia, keterbatasan anggaran menjadi salah satu penyebab belum disertifikatnya seluruh ruas jalan. Mengingat, anggaran tanah yang akan disertifikat bisa dikatakan besar.

Sementara, kemampuan daerah terbatas sehingga harus dilakukan secara bertahap. Tidak lupa ia menyarankan, pembuatan plang disetiap lahan yang menjadi aset Pemerintah dan tidak kalah pentingnya untuk dilengkapi dengan sertifikat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here