Sarjana Jangan Fokus Cari Kerja, Bikin Usaha

0
102
BUPATI Karimun Aunur Rafiq menyampaikan sambutan pada wisuda salah satu perguruan tinggi di Karimun, Sabtu (29/12) tahun lalu. F-istimewa

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq Aunur Rafiq mendorong sarjana mampu menggarap peluang usaha baru. Tidak terfokus mencari pekerjaan setelah wisuda atau berniat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga tenaga honorer.

”Alhamdulilah, jumlah anak Karimun yang sarjana setiap tahun terus meningkat. Tentunya ini baik dalam hal Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Karimun,” kata Aunur Rafiq pada sambutan saat menghadiri wisuda salah satu perguruan tinggi di Karimun, Sabtu pekan lalu.

Ia mendorong sarjana mampu memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini membuka usaha baru. ”Modal usaha, dapat dilakukan dengan cara patungan sesama teman kuliah. Ilmu yang didapat saatnya digunakan untuk menciptakan lapangan kerja,” kata Rafiq.

Pemerintah Kabupaten Karimun terus berusaha bagaimana mendatangkan investor. Sehingga ada lapangan kerja baru, selain berusaha mendatangkan investor. Pemerintah juga mempersiapkan tenaga kerja melalui pelatihan yang diberikan pada anak anak usia produktif kerja.

Pada perusahaan ia meminta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) agar menggandeng sarjana Karimun mengembangkan usaja baru, baik melalui pembinaan usaha atau pemberian modal awal dengan bimbingan manajemen pengembangan usaha. Sehingga muncul pengusaha baru di Karimun.

Aunur yakin, jika semua bersatu padu, angka pengangguran dapat ditekan. Bagi yang hendak merantau atau mencoba peruntungan di kota lain, sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu. ”Sehingga saat merantau ke daerah lain telah memiliki keterampilan dan siap bekerja,” pesan Rafiq. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here