Sarjana Matematika Jadi Lulusan Terbaik

0
280
REKTOR UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus didampingi Ir H Lamidi yang mewakili Plt Gubernur Kepri menyerahkan piagam lulusan terbaik kepada wisudawati yakni bernama Maimunah dari Prodi Matematika FKIP-UMRAH di Aula Kantor Gubernur Kepri, Sabtu (14/9). f-istimewa/HUMAS umrah tanjungpinang

UMRAH Gelar Wisuda Sarjana ke-XIII dan Dies Natalis

Lulusan terbaik wisuda Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang kali ini disandang wisudawati bernama Maimunah dari Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang meraih IPK 3,95 alias cumlaude.

DOMPAK – UMRAH Tanjungpinang menggelar Sidang terbuka Senat Wisuda Sarjana ke-XIII dan Dies Natalis ke-XII di Aula Kantor Gubernur Kepri, Wan Seri Beni Dompak, Sabtu (14/9).

Wisuda Sarjana UMRAH ke-XIII mengangkat tema, ‘Dengan UMRAH 5.0 serta Penerapan Kurikulum 2019, Kita Optimalkan Riset dan Inovasi Teknologi Unggulan Bidang Kemaritiman dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0’.

Dalam sambutan Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir akhlus M.Sc menyampaikan, agar wisudawan-wisudawati menjadikan wisuda ini sebagai momentum dan perpanjangan tangan untuk memasuki lapangan kerja dan bisa melanjutkan kuliah di luar atau bahkan membuka usaha baru.

”Jangan terlalu berbangga hati dulu. Sebenarnya, perjuangan Anda baru dimulai. Jadilah generasi yang gemilang. Menjadi Sumber Daya Manusia yang produktif,” ucap Prof. Dr. Syafsir akhlus.

Ia melanjutkan, UMRAH berusaha menjadikan semua mahasiswa-mahasiswi tumbuh yang cerdas.

”Jagalah nama baik dan citra UMRAH dan jaga almamater. Semangatlah. Berilah semangat kepada adik kalian untuk dalam menjalani kuliah,” tambah Syafsir Akhlus.

Pada kesempatan itu juga terdapat sesi orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Ir. Aryo Hanggono, DEA. selaku Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Dalam orasinya, Dr.Ir Aryo lebih memfokuskan tentang inovasi kemaritiman seperti keberlanjutan sumber daya, pengelolaan dan pemanfaatan wilayah daerah maritim dengan dan juga tentang kedaulatan NKRI. Seperti banyaknya aktivitas illegal fishing, yang dilakukan oleh nelayan asing di daerah perairan Indonesia khususnya Kepulauan Riau.

”Laut ini merupakan masa depan bangsa, apalagi di Kepri ini lautnya luas dan masih banyak yang bagus. Sehingga, perlu pengelolaan dan pemanfaatan seperti mengembangkan bidang pariwisata, pengelolaan ekosistem pesisir yang benar-benar oleh sumber daya manusia yang baik,” kata Ir Aryo.

Selanjutnya, dengan memanfaatkan ekosistem pesisir juga perlu memikirkan Keberlanjutan sumber daya seperti memberantas illegal fishing, polusi perairan laut dan komitmen mengurangi penggunaan sampah plastik.

Selain dari itu, ada juga Sambutan dari Plt Gubernur Kepri Isdianto yang diwakili oleh Ir.H Lamidi Kepala Badan Kesbangpol Prov Kepri.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Kepri memberikan ucapan selamat kepada wisudawan-wisudawati dan menyampaikan untuk terus bisa belajar dengan gigih.

”Wisuda ini merupakan momentum awal untuk belajar, bekerja dan berusaha yang gigih. Karena, ilmu pengetahuan saja tidak cukup dan harus diimbangi juga dengan pengalaman,” tutur Lamidi, yang melanjutkan sambutan Plt Gubernur Kepri.

Dari 589 wisudawan-wisudawati UMRAH meluluskan 5 wisudawan dengan predikat lulusan terbaik (Cumlaude). Lulusan terbaik tingkat fakultas dan tingkat universitas.

Adapun wisudawan/ti yang meraih predikat cumlaude yaitu Rian Anjasmara dari Prodi Teknik Eletro-Fakuktas Teknik (FT), dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,67.

Kedua, Suryani Tessalonika Juita Siburian Prodi Budidaya Perairan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) dengan IPK 3,79.

Maimunah, Prodi Matematika dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan IPK 3,95 sekaligus Lulusan terbaik tingkat Universitas.

Dian Afriyeni, dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) dengan IPK 3,57 serta Fitri Andayani dari Prodi Sosiologi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) dengan IPK 3,73.

Turut hadir tamu undangan yang hadir di acara Wisuda Sarjana UMRAH ke-XIII ini yaitu, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kepri Ir. H. Lamidi, MM yang mewakili Plt. Gubernur Kepri, Ketua Harian Dewan Pertimbangan UMRAH Dato’ H. Huzrin Hood, SH, MM, Mantan Ketua DPRD Kepri H. Nur Syafriadi, Perwakilan dari Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Kapolda Kepri, Kapolres Tanjungpinang serta unsur FKPD dan SKPD serta orang tua wisudawan/ti dan tamu undangan lainnya.

Jadi, total wisudawan/ti yang diluluskan UMRAH yakni sebanyak 589 orang.

Wisudawan/ti dari 5 program Studi dengan rincian 68 Wisudawan/ti dari Fakultas Teknik (FT), 74 Wisudawan/ti Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), 179 Wisudawan/ti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 92 Wisudawan/ti Fakultas Ekonomi (FE), dan 178 Wisudawan/ti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). (ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here