Satgas Pangan Cek Gula di Gudang Bulog

0
257
Satgas Pangan Polres Tanjungpinang melihat tumpukan gula di gudang Bulog, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Satgas Pangan Polres Tanjungpinang dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) kota Tanjungpinang mendatangi gudang Bulog Tanjungpinang. Mereka datang untuk mengetahui berapa jumlah stok gula di Bulog.

Kepala Bidang Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Tanjungpinang, Hendra Gunafi mengatakan, harga yang dijual Bulog sesuai aturan Rp12.500 per kilogramnya. Gula saat ini ada ratusan ton dan kemudian didistribusikan ke distributor.

Penyaluran gula ini menggunakan jaringan melalui operasi pasar, yang ada kelurahan dan Rumah Pangan Kita (RPK) merupakan binaan Bulog yang tersebar di Tanjungpinang sebanyak 200 outlet, tersebar 18 kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

”Sehingga masyarakat lebih memudahkan untuk mendapatkan gula Bulog dengan harga HET untuk tingkat eceran,” katanya Jumat (17/5).

Lanjutnya, pihaknya juga menggandeng pihak distributor untuk menyebar stok gula Bulog yang lebih besar. Distributor ini diharapan semakin banyak stok dipasaran maka semakin cepat juga terjadinya penurunan harga.

”Mulai dari Ramadan hingga lebaran Idul Fitri stok gula masih aman,” sebutnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Efendri Ali mengatakan, kemaren kita sudah melakukan pengecekan digudang-gudang di daerah pasar namun untuk harga dijual sesuai dengan harga HET.

”Belum ada kenaikan harga baik distributor dan agen, apabila ada yang bermain maka kita siap untuk menindak,” jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani menuturkan, dari enam titik baik distributor dan pedagan eceran kita melihat stok masih aman hingga lebaran nanti.

”Emang ada yang menjual diharga Rp 13 ribu hingga Rp13.500 namun itu bukan gula Bulog melainkan gula dari pihak swasta,” jelasnya.

Ahmad Yani mengharapkan, masyarakat jangan risau dengan stok gula di Tanjungpinang, saat ini stok masih aman hingga lebaran nanti.

”Apabila ada kekurangan, ada satu distributor yang juga menjamin apabila tempat usahakan lain yang kekurang akan membagikan stoknya dan apabila masih kurang akan menambah dari luar,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here