Satgas Pangan Sita Barang Kedaluwarsa

0
441
KUMPULKAN BARANG: Tim Satgas Pangan mengumpulkan barang kedaluwarsa yang disita dari sejumlah toko di Kota Ranai. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – DALAM rangka monitoring ketersediaan bahan pangan di Natuna, Tim Satgas Pangan berhasil mengamankan sejumlah barang yang sudah kedaluwarsa. Kasatreskrim Polres Natuna selaku Ketua Tim Satgas Pangan AKP Komarudin menegaskan, untuk pelaksanaan monitoring yang dilakukan kepada sejumlah produsen di Natuna seperti di Pasar Ranai, supermarket dan gudang bulog berapa stok beras.

“Kami berhasil mengamankan sejumlah bahan dapur, yang sudah kedaluwarsa yang berbahaya jika dikonsumsi,” Komarudin, Ranai, kemarin. Ia menambahkan, bahan-bahan kedaluwarsa yang disita akan dikumpulkan dan segera dimusnahkan. Hal tersebut dilakukan, guna memberikan rasa aman kepada konsumen dalam membeli kebutuhan sembako dipasaran.

”Harus dimusnahkan segera, agar masyarakat merasa aman dari bahayanya makanan kemasan yang tidak layak jual yang beredar di pasaran,”ungkapnya. Ia bersama tim, juga memonitoring sejumlah komoditi hewani yang biasa dijual di pasar ranai seperti ikan, cumi-cumi, daging ayam maupun daging sapi untuk di uji laboratorium. Dari semua komoditi tersebut, diambil sampel untuk dilakukan uji laboratorium oleh petugas satgas.

“Dengan melakukan uji laboratorium, guna mengetahui apakah semua itu layak untuk dikonsumsi atau tidak. Dan jika mengandung formalin atau barang sejenisnya kita akan sita langsung,” jelasnya. Kegiatan monitoring pangan, ini baru dilaksanakan diwilayah Kecamatan Bunguran Timur dan dilakukan selama bulan Ramadan.

Sedangkan untuk kelanjutannya, akan dirapatkan mengenai lokasi berikutnya. Tim satgas Pangan terdiri dari Polres Natuna, Disperindagkop UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP, Kecamatan, dan unsur terkait lainnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here