Satlantas Bagi-bagi Helm Gratis

0
675
Personel Satlantas Polres Tanjungpinang saat membagikan helm gratis kepada pengendara. kemarin.f-raymon/tanjungpinapos

Tekan Angka Kecelakaan di Jalanan

TANJUNGPINANG – Unit Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Tanjungpinang membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor di Pamedan, Selasa (23/1).

Ia juga mengimbau agar pengendara tetap tertib berlalu lintas, stop pelanggaran stop kecelakaan keselamatan untuk kemanusiaan.

Kasat Lantas Polres Tanjungpinang AKP Krisna Ramadhani mengatakan, pembagian helm tersebut agar masyarakat khususnya pengendara sepeda motor dapat tergugah cara pandang dalam mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan mereka maupun pengguna jalan lainnya.

”Kita memberikan hadiah berupa helm sebagai bentuk apresiasi kepada pengendara sepeda motor yang lengkap dan tertib dalam berlalu lintas,” ujarnya, kemarin.

Baca Juga :  Pembukaan MTQ Tingkat Kota Meriah

Kata Kasat, dengan penghargaan yang diberikan kepada masyarakat yang patuh dan taat akan memberikan contoh dan motivasi bagi pengguna jalan lain, untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berlalu lintas.

Petugas Satlantas hanya pengemban Undang-Undang untuk menciptakan dan menegakkan Kamtibcar Lantas. ”Jadilah pelopor keselamatan dalam Lalu Lintas Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan serta Keselamatan untuk Kemanusian,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tanjungpinang Ipda Jul Ilham mengatakan, ada 25 helm diberikan kepada masyarakat yang melintas saat diperiksa perlengkapan berkendaraanya lengkap maka diberikan satu helm.

Baca Juga :  5 Ribu Warga Belum Rekam KTP-el

”Untuk yang tidak lengkap, kali ini diberikan peringatan dan memberikan pengarahan bahaya tidak menggunakan helm saat berkendara,” sebutnya.

Menurutnya, dalam laka lantas yang paling fatal terjadi saat pengendara tidak menggunakan helm dan juga menggunakan helm, namun tidak dipasang dengan benar pada saat terjadi Lakalantas helm terlepas dari kepala. ”Gunakan helm yang standar, pastikan helm terkunci dengan benar sebelum berkendara,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada pengendara bermotor untuk lebih mematuhi rambu-rambu lalu lintas, lengkapi surat dan perlengkapan kendaraan saat berkendara. ”Jangan terbawa emosi saat berkendara, jangan terburu-buru serta jangan kebut-butan dalam berkendara,” pungkasnya.

Baca Juga :  Perkuat Kesadaran Bela Negara Mahasiswa

Selama tahun 2017, sambung dia sebanyak 90 kasus Lakalantas yang terjadi di Kota Tanjungpinang, yang meninggal sebanyak 23 orang, luka berat 8 orang dan untuk korban luka ringan sebanyak 113 orang.

Jika dibandingkan dengan jumlah data kecelakaan lalulintas di tahun 2016 sebanyak 111 jumlah kasus lalulintas, antara lain untuk korban meninggal dunia sebanyak 18 orang, luka berat 46 orang dan luka ringan 98 orang. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here