Satpol Antisipasi Meluasnya 56 Titik Api

0
394
TIM pemadam kebakaran dan personel Polsek memadamkan lahan yang terbakar di Kecamatan Tebing, belum lama ini. f-alrion/TANJUNGPINANG POS

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karimun memantau sedikitnya 56 titik api, sejak Januari sampai Februari untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan dan hutan.

KARIMUN – Untuk itu, dari 56 titik api yang berpotensi meluas perlu dilakukan pengawasan ekstra. Tujuannya, agar kebakaran hutan tak meluas.

”Kami terus memantau beberapa titik selain 56 titik yang telah terbakar. Untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan lindung di Pulau Karimun. Dengan menyiapkan tiga unit mobil pemadam kebakaran yang stand by jika terjadi kebakaran baik siang atau malam hari,” kata TA Rahman, Kepala Satpol PP Pemkab Karimun, Kamis (22/2).

Baca Juga :  BC Amankan 5.000 Hape Xiaomi

Imbauan melalui radio dan media massa dan spanduk telah dilakukan atau dipasang, sehingga masyarakat tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan baru atau membersihkan lahannya. ”Jika kedapatan yang melakukan pembakaran, akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tegas TA Rahman

Untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan, lanjut Rahman, Satpol PP dibantu personel dari Polres Karimun dan TNI dari Kodim 0317 TBK.

Setiap harinya, dari siang atau malam langsung bergerak bertindak melakukan pemadaman termasuk dibantu masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Isra Miraj, Masjid Al Falah Dipenuhi Warga

Lebih lanjut ditegaskan nya, pihaknya tidak melarang masyarakat atau petani membersihkan lahan atau membuka lahan pertanian baru. Tetapi tidak dengan cara membakar, sehingga bisa merambat ke lahan milik orang lain bahkan ke pemukiman padat penduduk.

Pemilik lahan dapat membersihkan lahan dengan cara biasa yakni penebasan. Sehingga, tidak ada api yang membahayakan keselamatan warga yang dekat dengan lokasi kebakaran hutan.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here