Satpol PP Pulangkan Pengemis ke Asalnya

0
34
PETUGAS Satpol PP saat memulangkan gepeng dan anak punk ke Tanjungpinang, pekan lalu. f-istimewa

KARIMUN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Karimun, kembali menggelar razia penertiban gelandangan dan pengemis, Selasa (27/11). Setelah itu, para gelandangan dan pengemis (gepeng) dikembalikan ke daerah asalnya.

”Ada pengemis yang terjaring dalam operasi yang kita laksanakan. Tindak lanjutnya, Rabu (28/11) sudah dipulangkan oleh Dinas Sosial ke daerah asalnya masing-masing. Sedangkan, 8 orang lainnya merupakan warga tempatan. Semuanya masih anak-anak. Dalam kasus ini anak-anak tersebut digolongkan dengan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),’’ kata Kasat Pol PP Kabupaten Karimun, TA Rahman.

Mereka yang terjaring dalam operasi tersebut, katanya, dilakukan di sekitar pertokoan Jalan Pertambangan. Memang, untuk pengemis terjaring saat sedang meminta-minta.

Kemudian, untuk anak-anak yang terdiri dari laki-laki dan perempuan juga tidak jauh dari lokasi pertokoan. Semua dibawa ke Kantor Satpol-PP untuk dilakukan pendataan. Khusus untuk anak-anak orang tuanya dipanggil.

”Kepada pengemis yang sudah dipulangkan, kita ingatkan agar tidak lagi ke kembali ke Karimun untuk melakukan perbuatan yang sama,” pesannya.

Kemudian, untuk anak-anak orang tuanya kita minta untuk dapat menjaga dan mengawasin anak-anaknya. Artinya, jangan dibiarkan keluar rumah pada malam hari. Apalagi masih di bawah umur.

”Operasi ini dilakukan atas keluhan masyarakat. Keluhan tersebut direspon dengan melaksanakan operasi,” kata TA Rahman. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here