Satu dari 24 Pemasok Xiaomi Ajukan Investasi

0
428

BATAM- Setelah menggelar Xiaomi supplier investment summit pekan lalu, ternyata salah satu pemasok atau supplier Xiaomi langsung daftar ntuk investasi. Bahkan, mereka sudah menyerahkan uang tanda jadi untuk investasi dengan produk charger ponsel.

Hal itu disampaikan mitra kerja Xiaomi di Batam, Presiden Direktur PT Sat Nusapersada, Abidin Hasibuan, Sabtu (12/5). Penyerahan uang muka untuk berinvestasi di Batam, sudah diserahkan. Uang muka disebut, bentuk keseriusan mitra Xiaomi masuk Batam.

”Satu perusahaan yang sudah memberikan uang muka. Itu sebagai tanda jadi kalau perusahaan tersebut serius ingin membuka pabriknya di Batam,” kata Abidin.

Terkait dengan rencana investasi, kata Abidin rencananya di Kawasan Industri Tunas, Batamcenter. Perusahaan itu berencana akan membuat charger ponsel Xiaomi. ”Satu itu sudah konfirmasi. Kalau tak salah di kawasan Tunas. Mereka mau buat charger hape,” ujarnya.

Dijelaskan Abidin, Xiaomi serius untuk melakukan investasi di Batam melalui supplier di Batam. Abidin sendiri berharap, Xiaomi tidak hanya merakit komponen di Batam seperti selama ini. Tapi nantinya menghasilkan barang jadi untuk pasar Indonesia dan Asean. ”24 pengusaha dari China itu serius. Mereka berminat masuk, satu perusahaan sudah menunjukkannya,” kata Abidin.

Dijelaskan, 24 investor yang dibawa bos Xiaomi itu, bergerak di bidang industri pendukung Xiaomi. Seperti membuat speaker, kamera, dan aksesoris hp lainnya. Abidin menyebutkan, pihaknya tidak masalah jika perusahaan-perusahaan itu memilih tempat lain di Batam, selain Sat Nusa Persada. ”Soal tempat, silakan di kawasan industri yang ada di sini. Sat Nusa hanya fokus pada perakitan ponsel,” kata Abidin.

Abdin berharap, kehadiran perusahaan-perusahaan asing itu, akan semakin menggeliatkan industri di Batam. Dengan demikian diharapkan, pemerintah akan memberikan kepastian hukum dalam berusaha di Batam. ”Investor itu menuntut kepastian hukum. Sudahlah, jangan berantem lagi FTZ ke KEK, ini bisa menganggu investor mau masuk ke Batam,” ujarnya.

Minggu lalu, 24 supplier ke Batam, dalam acara Xiaomi supplier investment Summit. Director of Xiaomi, Ms Liu Di mengatakan, Indonesia merupakan pasar penting di dunia, bagi Xiaomi. Karena itu, mereka mengajak suppliernya ke Batam, dengan harapan akan melakukan investasi dan memproduksi Xiaomi untuk pasar Indonesia.

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengajak Xiaomi untuk meningkatkan investasi dan berjanji akan membantu. BP dijanjikan memberikan kemudahan investasi dan berusaha. Sambil proses ijin, bisa lakukan kontruksi. Bahkan, BP berjanji untuk membantu untuk mendapat ijin dari kementerian juga. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here