Satu OPD Pemprov Lambat Serap DAK

0
334
TS Arif Fadillah

TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau (Kepri) TS Arif Fadillah menyebutkan, sampai dengan pertengahan Oktober tahun 2017 ini, serapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Provinsi Kepri sudah terserap sebanyak 75 persen.

Arif menargetkan, di akhir Oktober seluruh dana DAK yang berjumlah Rp 93,1 miliar tersebut seluruhnya sudah akan terserap 100 persen.

”Sejauh ini secara keseluruhan anggaran DAK sudah terserap dengan baik. Kita sudah targetkan 31 Oktober seluruhnya akan habis,” ujarnya di Tanjungpinang, Rabu (25/10) kemarin.

Namun walaupun begitu, kata dia, masih ada satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Kepri yang belum menggunakan DAK tersebut. ”Ada satu OPD yang belum bisa menyerap anggaran itu dengan pagu sebesar Rp 9 miliar,” katanya tanpa menyebut OPD yang dimaksud.

Atas kondisi tersebut, iapun terus mendorong OPD tersebut untuk segera menggunakan DAK ini. Pihaknya juga telah melakukan evaluasi agar ke depan kejadian serupa tidak terulang lagi.

Sebab, kata dia, apabila DAK ini tidak dapat terserap dengan maksimal besar kemungkinan ke depan Pemerintah Pusat akan sulit untuk memberikan DAK ke Pemprov Kepri.

”Jangan sampai, anggaran DAK fisik ini tidak terserap karena akan menjadi bumerang bagi Kepri ke depan. Saya juga berharap kabupaten/kota di Kepri, anggaran DAK fisik ini agar dapat terserap dengan baik,” tuturnya.

Kementerian Keungan sudah menerbitkan aturan, apabila serapan anggaran DAK hingga akhir Oktober ini tidak mencapai 71 persen, maka sisa pembayarannya tidak diberikan.

Sehingga, untuk membayar kekurangan itu dibebankan ke APBD. Ini sekaligus motivasi bagi daerah agar bekerja cepat menuntaskan kegiatan fisik yang anggaran pembangunannya dari APBN. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here