Satu Penumpang Hilang Akhirnya Ditemukan

0
653
Proses evakuasi korban meninggal dunia yang merupakan penumpang KM Berkah Anugerah yang karam di Selat Tanjung Kelit, Senayang, Minggu (24/6) siang.f-istimewa/rizky

KM Berkat Anugrah Tenggelam

LINGGA – Cuaca buruk pada musim angin barat disertai hujan dengan intensitas sedang dan arus laut kuat disertai angin kencang mengakibatkan Kapal Motor (KM) Berkat Anugrah yang berangkat dari Jambi tujuan Batam tenggelam di perairan Pulun, Kecamatan Daik, Lingga pada Minggu (24/6) pagi.

”Posisi tenggelam kapal kargo yang membawa barang kargo berupa 10 ton kelapa bulat, 5 ton pisang, dan 13 orang, terdiri dari 1 orang nakhoda 1 orang KKM 2 orang klasi 9 orang penumpang ini tepat di koordinat 0°6.4113’S – 104°27.4941’E,” kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho dalan pers rilis di Mapolres Lingga, Senin (25/6).

Dikatakannya, pada kejadian ini menurut laporan dari Sat Pol Airud Polres Lingga 1 orang meninggal atas nama Eri (45) jenis kelamin perempuan warga Bengkong Nusantara, Blok C No.16 Batam.

Baca Juga :  Danlantamal IV Resmikan PAUD di Natuna

Kronologi kejadian berdasarkan informasi dari korban, Sabtu (23/6), sekitar pukul 21.00 WIB KM. Berkat Anugrah dengan nakhoda Arif bertolak dari Nipah Panjang, Jambi tujuan Pelabuhan Bagan Piayu, Kecamatan Sungai Beduk, Batam.

Dalam masa perjalanan menuju Pulau Batam ini melewati perairan Kabupaten Lingga pada Minggu (24/6) sekitar pukul 07.20 WIB saat berada perairan pulun Kecamatan Daik, Kabupaten. Lingga, KM. Berkat Anugrah GT.20 dihempas gelombang besar, yang disertai angin barat dan hujan yang mengakibatkan kapal terbalik dan tenggelam.

”Pada pukul 12.30 WIB ditemukan beberapa orang yang terombang ambing di Perairan Pulun. Kemudian  dilakukan upaya pertolongan dan penyelamatan oleh kru Kapal  Mv. Oceanna 10. Saat evakuasi tersebut berhasil diselamatkan 12 orang (11 orang selamat dan 1 orang meninggal dunia). Sementara 1 orang penumpang lainnya dinyatakan hilang dan belum ditemukan saat itu,” terang Kapolres.

Baca Juga :  Staf Khusus Gubernur Alami Banyak Teror

Pukul 12.24 WIB, Satpolairud Polres Lingga yang pimpin oleh Kasat Polairud AKP Patar Tarigan menerima berita dari nakhoda Mv. Oceanna 10 bahwa telah ditemukan dan dilakukan upaya penyelamatan penumpang KM. Berkat Anugrah GT.10.

Kemudian dievakuasi ke pelabuhan Tanjung Kelit Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga. Kapal Polisi (KP) 2006 Satpolairud Polres Lingga dan KP. 1007 Ditpolairud Polda Kepri bertolak dari Pelabuhan Jagoh menuju TKP perairan Pulun sekitar pukul 12.30 WIB untuk melakukan SAR. Pencarian penumpang KM. Berkat Anugrah yang hilang dan belum ditemukan.

Pada pukul 14.00 WIB, giat SAR, pencarian korban/penumpang KM. Berkat Anugrah GT.10. ”Setelah dilakukan pencarian berhasil ditemukan satu penumpang yang hilang dalam keadaan selamat atas nama Andre (30) selanjutnya dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Kelit Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga untuk mendapatkan penanganan medis,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemprov Kepri dan Sumbar Teken MoU

Berdasarkan data yang diperoleh 12 orang penumpang KM Berkat Anugrah yang berhasil diselamatkan yakni ARIF (58) nakhoda, alamat Nipah Panjang. Adi (28) KKM, alamat Nipah Panjang.

Saril (55) klasi, alamat Sumur Sabak, Syaiful Rahman, (15), klasi, alamat Nipah Panjang. Andi Hasbih, (13), alamat Batu Ampar Blok C No.21 Batam. Jumadi (21), alamat Nipah Panjang.

Andi Rosmawati, (38), alamat Batu Ampar Blok C No.21 Batam. Amat (5) , alamat Batu Ampar Blok C No.21 Batam. Sarbini (55) alamat  Bengkong Nusantara Blok C No.16 Batam. Selamat Santoso, (17) alamat Bengkong Nusantara Blok C No.16 Batam. Nude (70)  alamat Baran, Andre (30), alamat Batam. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here