Satu Pulau Disiapkan untuk Taman Safari

0
237
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun melihat peta pulau-pulau di Provinsi Kepri bersama Dirjend Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Wiratno, di Jakarta, Kamis (6/9) kemarin. f-istimewa/humas pemprov kepri

JAKARTA – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun terus berupaya memperbanyak ragam destinasi wisata di Kepri. Sejumlah pulau di Kepri didorong untuk diubah peruntukannya menjadi destinasi wisata baru. Eksplorasi wisata di Kepri pun semakin menarik dan mempesona.

”Untuk pengembangan wisata bahari, kita segera memanfaatkan hutan sambil menjaga pelestariannya. Salah satu pulau di Kepri kita harap dapat dijadikan Taman Safari. Biar wisatawan menikmati keindahan alam dan margasatwanya,” kata Nurdin usai bertemu Dirjend Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Wiratno, di Jakarta, Kamis (6/9).

Dukungan tampak diberikan Dirjen Wiratno. Dalam pertemuan itu, Nurdin langsung membuka peta Kepri. Pulau-pulau potensi untuk pengembangan wisata didiskusikan saat itu.

Wiratno pada kesempatan itu menyarankan agar juga berkoordinasi dengan Dirjend Perlindungan Hutan dan Pelestatian Alam Kementerian KLH. Hal ini untuk dalam mendisain tapak pemanfaatan ruang.

Nurdin yakin, kekuatan kemaritiman di Kepri dapat terus terangkat, terutama melalui sektor wisatanya. Apalagi pariwisata di Kepri dengan banyak pulau yang indah nan menawan sudah pula dikenal baik di kalangan dalam daerah maupun luar secara luas.

”Kita harus mampu melihat dan menggerakkan potensi yang luar biasa dan melimpah di Kepri ini,” ujar Nurdin.

Nurdin beberapa waktu lalu pun telah mengunjungi beberapa pulau yang merupakan kawasan objek wisata seperti Kepri Coral dan Ranoh Island di Kota Batam, lalu Nikoi Island dan White Sand Island di Kabupaten Bintan serta Telunas Resort di Kabupaten Karimun. Dirinya tampak antusias untuk membangun kekuatan pariwisata daerah di Kepri.

”Untuk itu kita berupaya mendorong beberapa pulau-pulau tersebut di fokuskan peruntukannya menjadi lokasi pariwisata secara penuh,” lanjut Nurdin.

Banyak potensi pariwisata yang telah dan akan siap berdiri dan berjalan. Dengan keberadaan beberapa lokasi pariwisata tersebut nantinya akan mendapat banyak manfaat pula, seperti nama daerah akan semakin terkenal luas, pendapatan daerah akan meningkat serta tenaga kerja lokal pun akan terserap.

”Prioritas kita kembali kepada kesejahteraan masyarakat,” tegas Nurdin.

Menurut Nurdin komitmen untuk menfokuskan pulau-pulau tersebut dijadikan kawasan pariwisata tentu akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi didaerah, apalagi ditengah gejolak perekonomian dunia yang sedang dalam keadaan tidak stabil.

”Pariwisata tetap menjadi primadona di Kepri san hal ini harus terus kita tingkatkan,” kata Nurdin.

Pemerintah sendiri kata Nurdin saat ini datang menjemput bola melihat langsung potensi tersebut dilapangan bukan malah menahan dan memperlambat proses kalau hal itu sudah sesuai aturan.

”Kita ingin paradigma perizinan yang terkesan diperlambat agar diubah, jangan hanya mempersulit tanpa melihat efek positif yang dihasilkan jika kegiatan ini berjalan, sebisa mungkin kita bantu,” tutup Nurdin. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here