Saudagar Melayu Perkuat Ekonomi

0
353
DIKUKUHKAN: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengukuhkan pengurus Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu (PASRM) Provinsi Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (24/9) malam. f-suhardi/tanjungpinang pos

Impian Rida K Liamsi (RDK) untuk menghimpun saudagar Rumpun Melayu tidak terbatas hanya di Provinsi Kepri saja.

TANNJUNGPINANG – DIMULAI dari terbentuknya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu (PASRM) Provinsi Kepri, RDK yang merupakan penggagas tersebut juga berharap terbentuknya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu Nusantara.

Budayawan Kepri ini menjelaskan, dengan terbentuknya PASRM, ini bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya yang memiliki kebudayaan Melayu dan membentuk perhimpunan saudagar yang sama.

”Sebagai pelopor, kita berharap dengan adanya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu Kepulauan Riau ini dapat menjadi acuan bagi daerah yang ada di setiap daerah lainnnya di Indonesia untuk bisa berbuat hal yang sama,” ujar RDK di sela-sela pengukuhan PASRM di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (24/9) malam.

Adapun pengurus Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu Provinsi Kepri ini dikukuhkan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. ”Maka dengan terbentuknya perhimpunan setiap daerah nantinya, kita bisa membentuk Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu Nusantara,” ujar pria yang juga dapat gelar Datok Sri Lela Budaya ini menyampaikan impiannya.

Lebih jauh RDK menjelaskan, pembentukan Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu Kepri ini bertujuan untuk melibatkan para saudagar-saudagar Melayu yang ada di Kepri agar membantu pemerintahan daerah meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

”Saat ini kita melihat banyak saudagar Melayu di Kepri. Mereka ini bisa membawa perubahan dan membantu pengusaha-pengusaha Melayu yang memiliki modal kecil dan besar agar bisa maju dan dengan cara inilah kita bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kepri,” ungkapnya.

Ke depan ia berharap dengan terbentuknya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu Kepri ini bisa menjadi kekuatan baru dan jika kelak terbentuk Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu Nusantara, dapat bersaing dan bisa menentukan hitam putih pergerakan perekonomian yang ada di Asia Tenggara.

”Mari kita sama-sama berjuang untuk mewujudkan mimpi tersebut dan kami juga berharap kepada kepengurusan yang baru saja dilantik dengan kekuatan yang kita miliki dan bekerja keras kita yakin perekonomian Kepri akan membaik ke depannya,” ujarnya.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, di Hari Jadi Provinsi Kepri ke-15 tahun 2017 dan awal tahun baru 1439 Hijriah, merupakan langkah awal yang baik terbentuknya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu Kepri.

Menurut Nurdin, dengan terbentuknya perhimpunan ini dapat meningkatkan kerja sama dengan perhimpunan budaya lainnya yang ada di Indonesia agar dapat ditingkatkan dan dikembangkan.

”Dari zaman dahulu kita memiliki saudagar-saudagar Melayu yang hebat-hebat. Mudah-mudahan dengan adanya perhimpunan saudagar ini bisa mengulang masa kejayaan Kepri,” bebernya.

”Bersama pemerintah mari kita bangun Kepri ke depan, dengan bersatu padu dari segala sektor. Mari kita tatap masa depan yang lebih baik untuk menuju perekonomian yang lebih baik,” harapnya.

Selain melakukan pengukuhan pengurus juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Badan Musyawarah Masyarakat Betawi di bidang ekonomi dan budaya. Pengukuhan Pengurus Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu Kepulauan Riau dihadiri oleh Gubernur Kepri, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Ketua LAM Kepri, Badan Musyawarah Betawi, Forkopimda Kepri dan Setdako Tanjungpinang, Kapolres Tanjungpinang, Lantamal dan tamu undangan lainnya.(SUSANTO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here