Sayuran Banyak Didatangkan dari Luar Negeri

0
2420
MENUNGGU PEMBELI: Pedangan bumbu dapur dan sayuran sedang menunggu pembeli.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Berbagai sayuran yang dijual di Pasar Baru II kebanyakan didatangkan dari luar negri. Diantaranya sayuran bunga kol, brokoli, wortel, cabai serta bawang merah. Hal itu diungkapkan Junaidi yang merupakan salah satu pedagang bumbu dapur dan sayuran di Pasar Kota Lama, Tanjungpinang. Ia menuturkan, hampir seluruh sayuran tersebut didatangkan dari luar negeri. ”Setahu saya sayuran impor itu datang dari Singapura ke Tanjungpinang,” katanya Rabu (23/8).

Tentu ada juga sayuran jenis tersebut yang lokal, namun harga dan kualitas bersaing. Untuk sayuran dari luar negeri biasnaya kualitas lebih baik dan harga hanya beda sedikit.
Dicontohkannya saja cabai rawit Thailand dijual sekitar Rp 40 ribu per kilo sedangkan cabai rawit lokal Rp 37 ribu. Biasanya, cabai rawit asal Thailand memiliki kualitas lebih baik dan memang harganya lebih tinggisedikit bila dibandingkan cabai asal Jawa, Sumatra dan lokal Bintan. Kini, peminat cabai Thailand juga cukup banyak. ”Cabai Thailand lebih pedas dibandingkan dengan cabai rawit lokal,” bebernya. Untuk bawang merah dan bawang putih pemasok terbesar di pasaran berasal dari Cina dan India. ”Harga bawang impor, perbedaan dengan bawang Jawa sekitaran Rp 7-9 ribu lebih murah,” sebutnya.

Baca Juga :  Lantamal IV Komitmen Cegah Korupsi

Junaidi mengatakan, bawang impor bisa dilihat dari karung kemasan yang di ambil dari agen. Harga bawang merah India sekitar Rp 24 ribu. Bawang merah Jawa kini senilai Rp 34 ribu. Bawang merah Birna Rp 28 ribu perkilo dan bawang putih Rp 28 perkilogram. ”Kini stok bawang lokal dan dipasaran hanya saja harganya lebih mahal bila dibandingkan bawang impor,” tuturnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here