SBMPTN Buka 10-24 Juni

0
110
Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc saat meninjau pelaksanaan Computer Based Test SBMPTN di kampus Senggarang lab Fakultas Teknik tahun 2018 lalu. f-istimewa

Mendaftar Kuliah Secara Online

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan dimulai tanggal 10 Juni 2019 jam 13.00 WIB dan berakhir pada 24 Juni 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

TANJUNGPINANG – Kabar tersebut jelas dihimpun dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Senin (10/6) di Jakarta.

Dalam siaran persnya LTMPT pun mengimbau kepada para calon peserta agar memperhatikan secara teliti semua ketentuan pendaftaran SBMPTN 2019 itu.

Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc menyampaikan agar para calon pendaftar agar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 yang dapat dilihat pada laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

Hal itu sebagaimana telah diatur oleh Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018.

Bahwa kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN, ditetapkan paling sedikit 40% dari Daya Tampung Program Studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

”Sebagai pertimbangan, program studi, daya tampung per PTN tahun 2019. Jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id. Bagi peserta pelamar program Bidikmisi, terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id,” ungkapnya.

LTMPT juga menegaskan bahwa calon peserta penerima beasiswa bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar di SBMPTN 2019.

”Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019,” tambahnya.

Dalam siaran persnya LTMPT mengimbau apabila ada hal yang perlu ditanyakan, terkait dengan SBMPTN 2019 dapat mengubungi HelpDesk http://halo.ltmpt.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id atau hubungi call center 0804 1 450 450.

Informasi resmi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.

Kepada masyarakat dan khususnya para calon pendaftar SBMPTN 2019, diberitahukan bahwa LTMPT tidak menjalin kerja sama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan SBMPTN 2019.

Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019, selalu diinformasikan melalui laman resmi di http://sbmptn.ac.id.

Kini, ada lima fakultas di UMRAH Tanjungpinang yakni, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Adapun visi kampus UMRAH yakni menjadi pusat unggulan riset dan budaya maritim yang berdaya saing internasional pada tahun 2040.

Sedangkan misi kampus ini adalah, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berwawasan kemaritiman yang berbudaya dan bereputasi internasional.

Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya melalui riset dan inovasi berbasis kemaritiman yang bereputasi internasional.

Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset dan inovasi yang berwawasan kemaritiman dan bereputasi internasional;

Membangun kerjasama institusi dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk mempercepat pengembangan, penguatan dan pencapaian kelembagaan yang terkemuka di tingkat internasional.

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang didirikan atas keinginan segenap warga Provinsi Kepulauan Riau untuk memiliki Perguruan Tinggi Negeri yang akan menjadi tempat para pemuda dan pemudi Bumi segantang lada ini memperoleh pendidikan tinggi dan ditempa menjadi Pemimpin, Wirausahawan, dan Orang yang berguna bagi Kepri di masa depan.

Setelah melalui rangkaian proses yang panjang dimulai dari terbit SK Mendiknas No. 124/D/O/2007 tentang izin berdirinya UMRAH hingga terbitnya Peraturan Presiden No. 53 Tahun 2011 tentang Pendirian UMRAH sebagai Perguruan tinggi negeri di Lingkungan Kementrian Pendidikan Nasional yang kini kembali kepada nama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maka resmilah UMRAH menyandang status sebagai perguruan tinggi Negeri di wilayah perbatasan Indonesia.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here