SBTI Sudah Mencetak 803 SDM Profesional

0
112
ASISTEN III Setdakab Bintan drh Kartini (tengah) ketika menerima penghargaan dari pihak Kampus SBTI Lagoi, Kamis (11/4). f-istimewa DOK SBTI

BINTAN – Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) tetap berkomitmen mencetak SDM yang profesioanl, guna mendukung terwujudkan visi misi Bintan Gemilang 2025. Kini, SBTI telah mencetak 803 lulusan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional.

Hal itu disampaikan drh Kartini Asisten III Setdakab mewakili Bintan Bupati Bintan H Apri Sujadi, pada acara Wisuda Batch 18 dan 19 Kampus SBTI, di Ballroom Bintan Lagoon, Lagoi, Kamis (11/4) baru-baru ini.

Kartini menerangkan, visi misi Bintan Gemilang 2025, Pemkab Bintan menitikbertakan tiga sektor penting, yang menjadi andalan. Sektor pariwisata, budaya serta kelautan. Ke depan, Bintan akan menjadi tujuan invesatasi yang memiliki daya saing. Seperti halnya potensi lokal yakni pariwisata dan kelautan, perlu disiapkan sedemikian matang.

”Saya mewakili Pak Bupati Bintan, dengan ini memberikan apresiasi kepada SBTI dan khususnya elemen wisata Lagoi. Dengan adanya Kampus SBTI, tentunya akan menjadikan SDM bidang pariwisata di Bintan menjadi profesional. Apalagi, belum diwisuda, malah sudah bekerja. SBTI dalam hal ini, sangat membantu mendidik anak daerah,” ujar Kartini.

Kartini berharap, bagi wisudawan dan wisudawati SBTI untuk terus belajar dan meningkatkan potensi diri.”Di era globalaisasi ini, generasi muda kita harus dibekali dengan sikap santun dan berbudaya. Tujuannya, agar kita tetap sebagai Indonesia. Perlihatkan lah siapa kita, yang santun dan berbudaya kepada dunia. Terlebih Indoensia sangat dikagumi, dengan keanekaragamannya baik suku dan budaya,” jelas Kartini.

Kartini mengucapkan terima kasih kepada PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), yang telah mendukung kelancaran bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Termasuk kepada pihak SBTI yang terus berupaya mengembangkan SDM pariwisata.

Direktur Kampus SBTI Lagoi Endang Winduri SSos MM menjelaskan, pihaknya telah menyelenggarakan uji kompetensi bidang perhotelan sejak tahun 2010 lalu, hingga sekarang. Selama uji kompetensi ini, sudah ada 1.644 karyawan dan mahasiswa lulusan yang bersertifikasi.

”Untuk batch 18 yang diwisudakan ini, terdapat 54 alumni atau 65 persen yang telah bekerja. Sedangkan, untuk batch 19 terdapat 19 persen alumni yang sudah bekerja,” terang Endang Widuri.

Ia menambahkan, total alumni yang hingga kini diwisuda yakni 803 orang. Jumlah itu, telah bekerja di berbagai kawasan pariwisata, yakni sekitar 80 persen. Jumlah yang telah bekerja di kawasan Lagoi, yakni 28 persen atau sekitar 281 orang dari 803 tersebut. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here