SD dan SMP Ujian di Bulan Puasa

0
1311
BERKUNJUNG: Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang Ade Angga didampingi guru SMPN 11 Tanjungpinang berkunjung disalah satu kelas, belum lama ini. f-MARTUNAS/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG menuturkan, sesuai kalender pendidikan, ujian semester genap penentu kenaikan kelas siswa-siswi tingkat SD dan SMP akan dilaksanakan pada saat bulan puasa.

Ujian diperkirakan dilaksanakan mulai, Jumat (2/6) sampai dengan Kamis (8/6) mendatang. Dijadwalkan siswa menerima rapor seminggu setelah ujian, Sabtu (17/6) mendatang.

”Kalau mengacu pada kalender pendidikan demikian. Tetapi, saya terima informasi dari Dinas Pendidikan Kepri akan memajukan jadwal ujian yang rencananya akan bersamaan se-Kepri. Namun ini belum ada rapat bersama dan masih menunggu informasi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (5/5).

Setelah ujian, siswa punya masa jeda seminggu menunggu hasil rapor. Biasanya, ini akan diisi kegiatan class meeting atau kegiatan bebas karena proses belajar semester itu usai.
Biasanya siswa diisi dengan permainan atau kegiatan keterampilan lainnya. Hanya saja khusus tahun ini, class meeting akan diisi dengan kegiatan keagamaan sesuai dengan kepercayaan masing-masing siswa.

”Bertepatan bulan puasa kita laksanakan kegiatan keagamaan pada class meeting,” tuturnya.

Usai ambil rapor, siswa akan libur sekitar 15 hari. Itu dimulai sejak 19 Juni sampai 1 Juli. Ini artinya siswa memiliki waktu melaksanakan ibadah puasa tanpa rutinitas belajar. Begitu juga penyambutan Hari Raya Idul Fitri.

Siswa SMP kini sedang Ujian Nasional (UN) sejak, Selasa (2/5) sampai dengan Senin (8/5) mendatang. Pengumuman kelulusan diperkirakan 2 Juni mendatang. Ia mengimbau anak-anak untuk tidak merayakan dengan berlebihan. Apalagi melakukan konvoi ke jalan raya yang dapat menganggu arus lalu lintas. Untuk UASBN kelas VI SD akan dilaksanalan Senin (15/5) sampai (17/5) mendatang.(DESI LIZA PURBA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here