SDA Kepri Berlimpah

0
358
Sejumlah kapal tanker saat lego jangkar di perairan Kepri. f-istimewa

MBS. KALAU dinilai dg cermat provinsi Kepulauan Riau punya potensi yg sangat tinggi nilainya. Pelabuhan dan lego jangkar sangat potensial. laut kita jauh lebih laus dari laut singapura, jadi bsia menampung pelimpahan dari negara tetangga.
+6281364252006

Mana Realisasi Lego Jangkar?
Saya
tak tertarik dgn komentar Kadishub Pemprov Kepri tentang pengelolaan jasa pandu kapal dan labuh kapal di perairan Kepri. Wacananya sejak dulu tidak terealisasi. Padahal pemerintah pusat sudah tidak memungut lagi tarif itu sejak regulasinya berubah.
+6281268335626

TANGGAPAN:
Hingga pertengahan 2019, Pemerintahan Provinsi Kepri belum juga dapat mengelola pendapatan dari hasil Lego Jangkar. Padahal asumsi pemerintah, terhadap pendapatan yang dapat diraup dari retribusi tersebut di antara Rp10 miliar sampai Rp50 miliar.

Bukan tidak mungkin, Kepri akan terus dibayang-bayangi dengan defisit anggaran. Tak hanya itu, Rancangan Peraturan daerah tentang Rencanan Zonasi dan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) yang pernah di usulkan Pemprov hingga disahkan dalam paripurna DPRD Kepri, sampai hari ini masih terganjal di level pemerintah pusat.

Jika dua peraturan khusus ini sudah disetujui maka akan berdampak positif bagi pertumbuhan pendapatan asli daerah di Provinsi Kepri.

Pemerintah pusat belum rela memberikan sedikit pendapatannya untuk Provinsi Kepri, padahal Undang-undang sudah mengatur atas kewenangan tersebut

Sebenarnya kita punya alasan logis, tidak ada yg bisa kita lakukan kecuali menuntut terus hak pengelolaan tersebut.

Kita mendorong, agar Pemprov tidak setengah hati terhadap sektor maritim ini. Harus lebih serius memperjuangkannya.

Tidak hanya Lego Jangkar, melainkan juga permasalahan rancangan Perda zonasi dan wilayah pesisir, hingga saat ini juga sama tidak memberikan efektivitas.

Persoalannya ada apa otonomi kalau semua pusat yang ngatur, maka kita tidak dapat apa-apa. Sementara ada beberapa provinsi kalau gertak sedikit misal, dengan ancaman mau merdeka langsung dikabulkan.(ais)

Suryani
Anggota Komisi III DPRD Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here