SDA Kepri Berlimpah

0
368
lego jangkar: Puluhan kapal lego jangkar (lay up) di sekitar perairan Batuampar beberapa waktu lalu. f- tunas/tanjungpinang pos

MBS. KALAU dinilai dg cermat provinsi Kepulauan Riau punya potensi yg sangat tinggi nilainya. Pertama penghasil gas bumi di Natuna yg dikuasai perusahaan Kanoco Amerika hari ini. Kedua, Kepri penghasil ikan terbesar sehingga mengundang pencuri ikan asing, sayangnya pemerintah belum bisa dirikan pabrik ikan sarden. Ketiga, pelabuhan dan lego jangkar pelimpahan dari negara Singapura yg saat ini ribut tak jelas pemasukannya di Batam. Keempat pasir timah laut yg belum diolah. Katanya kabupaten Meranti Riau dah berhasil garap timah, jadi tak usahlah banyak wacana, olah aja kekayaan alam yg ada ini.
+6281364252006

tanggapan:
Tentang pendapatan dari Lego Jangkar harus jelas dulu regulasinya. Peraturan gubernur (Pergub) segera diteken Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. Kita upayakan pada Juli 2017 ini retribusi lego jangkar sudah bisa kita dipungut. Draf Pergub Lego Jangkar tersebut sudah disiapkan. Saat ini pembahasan intens dilakukan. Bahkan pembahasan dilakukan bersama gubernur. Komisaris Utama Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Provinsi Kepri, Datok Huzrin Hood, menyampaikan sudah dua hari ini pembahasan mengenai kewenangan Pemprov Kepri sepenuhnya memungut retribusi lego jangkar kembali dilakukan. Kemarin harusnya sudah bisa diteken gubernur, karena semua persyaratan dan pembahasan sudah selesai, jadi kita tinggal nunggu teken gubernur. Karena gubernur ke Jakarta, maka setelah balik ke Kepri baru diteken.

Nanti, pengelolaan uang lego jangkar itu dilakukan melalui BUP yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Kepri. Soal uang lego jangkar yang tiga bulan terakhir tidak dipungut, kita akan mencari cara agar tidak hilang. Kita akan menemui pengusaha kapal yang lego jangkar di perairan Kepri agar tetap membayarnya sekaligus atau dengan cara dicicil.Kita minta bayar sekaligus atau bertahap, karena itu tak ada melanggar aturan. Kita yakin Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprov Kepri dari uang lego jangkar ini cukup besar ke depan. Sebab potensinya cukup besar.

Sebelumnya, diperkirakan uang lego jangkar dari perairan Kepri sekitar Rp 6 triliun setahun sudah termasuk, lay up, penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan penjualan air. Empat sektor ini keuntungannya paling banyak di penjualan BBM. Namun, BUP Kepri belum bisa membangun bungker BBM di laut karena tersangkut modal. Kita juga sedang menertibkan lego jangkar sesuai dengan zona aman untuk labuh jangkar kapal di perairan Tanjunguban dan sekitarnya.

Pembahasan soal penertiban tersebut selanjutnya akan dimatangkan dan dilaporkan ke Kementerian Koordinator Maritim (Kemenko Maritim) guna memberikan dasar penertiban. Nanti kan ada aturannya, ada mekanisme untuk menentukan titik-titik mana saja yang akan dijadikan lokasi labuh jangkar. Nantinya titik-titik itu akan kami lokalisir sebagai wilayah labuh jangkar, sehingga tidak ada lagi kapal parkir di luar area tersebut. (ais)

Jamhur Ismail
Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kepri,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here