SDA Kepri Berlimpah

0
284
Menko Maritim bersama gubernur Kepri saat meninjau Pulau Nipah di Batam, beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS. KALAU dinilai dg cermat provinsi Kepulauan Riau punya potensi yg sangat tinggi nilainya. Pelabuhan dan lego jangkar sangat potensial. laut kita jauh lebih laus dari laut singapura, jadi bsia menampung pelimpahan dari negara tetangga.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Titik lego jangkar di Batam akan dikurangi dari sebelumnya 17 lokasi dan akan ditetapkan menjadi 3 titik. Pulau Nipah akan dijadikan pusat lego jangkar. Ini untuk mengincar kapal-kapal super jumbo yang berlayar di Selat Malaka bisa parkir/lay up di sana.

Potensi lago jangkar sangat besar di Batam, karena berdekatan dengan Selat Malaka sesuai laporan Kepala Pelabuhan dan Perhubungan Laut serta Bea Cukai. Jadi Pulau Nipah akan kita mainkan menjadi angkring area dan di situ mungkin dibuat oil tank dan sebagainya. Pemerintah pusat akan mengurangi lokasi lego jangkar di Batam yang saat ini berjumlah 17 lokasi. Sehingga ke depan lokasi lego jangkar akan dijadikan menjadi tiga.

Tiga lokasi itu belum termasuk di perairan Galang yang sebelumnya direncanakan dilakukan pendalaman alur, dengan cara menyedot pasir lautnya. Salah satu lokasi yang direncanakan adalah di perairan Pulau Nipah.

Kita akan pangkas menjadi tiga lokasi lego jangkar. Salah satunya di Pulau Nipah. Kita masih akan membicarakannya dengan Gubernur Kepri. Saya dan gubernur Kepri sudah meninjau 17 lokasi lego jangkar. Nanti akan kita bahas dengan kementerian lain.

Penentuan lokasi akan disejalankan dengan penetapan tata ruang kelautan, termasuk wilayah yang menjadi tempat parkir kapal. Penting lego jangkar kapal itu bisa terkendalikan. Sekarang kita lihat ada 17 lokasi lego jangkar. Itu terlalu banyak. Saya ke Batam khusus untuk meninjau lego jangkar di perairan Batam. Sekaligus untuk menyiapkan materi pertemuan di Jakarta. Sehingga saat pembahasan tata ruang laut yang sedang berjalan saat ini, lebih baik dan bisa memaksimalkan dampak pada pendapatan daerah.

Ada tiga kementerian yang terlibat di sini. Nanti mereka melihat dan meninjau. Nanti akan kita lakukan rapat koordinasi. Untuk Pulau Tolop tidak diperbolehkan ada lego jangkar. Alasannya, karena merupakan jalur pelayaran internasional. Walau berdekatan dengan Pulau Nipah, namun daerah lego jangkar dipilih di perairan Nipah. Pulau Tolop, menurut saya itu tidak aman untuk lego jangkar. Di sana juga lokasi alur pelayaran internasional.

Dengan tiga lokasi lego jangkar, akan memudahkan dan mengefisienkan pengawasan dari Bakamla, TNI AL, Bea Cukai dan Menteri Perhubungan. Paling penting, nanti kapal bisa dikendalikan. Pastinya, tiga kementerian akan meninjau lokasi dan dilanjutkan rapat Kamis mendatang. Setelah ditetapkan, ditertibkan. Nggak ada urusan siapa dia (melanggar). (mbb)

Luhut B Panjaitan
Menko Kemaritiman RI,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here