SDA Melimpah, Tapi Ekonomi Lesu

0
789
NATUNA: Sekda Natuna Wan Siswandi saat menerima penghargaan dari Ketua IKBB. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

Natuna Diminta Jadi Basis Blue Economy

Natuna – Bupati Natuna Hamid Rizal melalui Sekda Natuna Wan Siswandi menekankan, dengan membangkitkan perekonomian Natuna maka Sumber Daya Alam (SDA) Natuna yang melimpah bisa menjadi basis Ekonomi Biru (Blue Economy).

Maka penting sekali peran masyarakat dalam menciptakan perekonomian yang baik guna pembangunan Natuna ke depan.

Dikatakannya, saat ini di Natuna sedang menjadi pusat perhatian Pemerintah Pusat melalui kementerian-kementerian dengan melakukan sinkronisasi program dan kegiatan guna percepatan pembangunan di Natuna.

Ke depan Natuna saat ini memiliki 4 potensi yaitu sektor migas, sektor pariwisata, sektor kelautan dan perikanan dan sektor pertahanan dan keamanan.

”Kita memiliki beragam kekayaan mulai dari sumber daya kelautan dan perikanan, migas, dan cagar alam budaya bawah laut. Perlu ada pengelolaan yang maksimal,” ujar Wan Siswandi saat membuka acara Seminar Pembangunan Daerah di Gedung Sri Serindit, Minggu (2/4).

”Dengan keinginan pemerintah pusat yang sedang fokus membangun Natuna menjadi pusat perekonomian terbesar se-Asia Tenggara maka perlu juga adanya peran serta masyarakat dalam percepatan pembangunan daerah,” tambahnya.

Menurutnya, adanya seminar Pembangunan Daerah sangat bagus sekali. Kabupaten Natuna sudah selayaknya mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Hal tersebut sesuai dengan Nawacita Presiden Jokowi yang ketiga, yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Selain itu, Sekda Wan Siswandi memberikan apresiasi kepada Ikatan Keluarga Bunguran Barat (IKBB) yang menggagas acara seminar ini, sebagai cara untuk memberikan sumbangsih pemikiran, ide dan gagasan pembangunan daerah.

Seminar ini ada beberapa yang menjadi catatan diantaranya, akan merekomendasikan peningkatan Sumber Daya Manusia menjadi proritas.

”Pembangunan daerah yang berbasis blue economy harus sesuai peruntukannya dan yang terakhir yaitu kerja sama dengan seluruh stakeholder, serta harus sama-sama berperan dalam percepatan pembangunan Natuna,” jelasnya.(Herdiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here