SDN 003 Kundur Utara Juara II Nasional

0
918
FOTO BERSAMA: Kepsek SDN 003 Karimun foto bersama pejabat Dinkes Karimun dan Kabid Kesmas Dinkesprov. f-istimewa

JAKARTA – SDN 3 Kundur Utara, Kabupaten Karimun terpilih sebagai terbaik kedua kesehatan sekolah se-Indonesia. Penyerahan hadiah Best Achievement ini digelar di Hotel Kartika Chandra, Jumat (18/8) di Jakarta. Awalnya penyerahan hadiah akan dilakukan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, Sp.M.

Hanya saja, saat acara akan berlangsung, yang bersangkutan ada acara mendadak di Istana. Penyerahan hadiah akhirnya dilakukan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Anung Sugihantono, M.Kes yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SD Negeri 003, Kundur Utara Rupiati S.Pd. ”Bangga sekali bisa mengharumkan nama Kepri. Tapi, ini lagi di acara, nanti saya hubungi lagi,” komentarnya.

Saat penyerahan hadiah, Rupiati didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Dr. H Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi dan Kepala Bidang Kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Rizal Rinaldy. Menurut Rachmadi, penilaian kesehatan masyarakat di sekolah-sekolah ini digelar oleh empat kementerian, yakni Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Dalam Negeri. ”Alhamdulillah, kita bisa menjadi terbaik nomor dua secara nasional, semoga ke depan bisa kita tingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi,” ucap Rachmadi.

Sementara itu, Kabid Kesmas Disdikprov Rizal Rinaldy yang dihubungi Tanjungpinang Pos menyebutkan, penghargaan yang didapat itu adalah untuk tingkat Sekolah Sehat kategori sekolah dengan pencapatan terbaik. ”SD Negeri 3 Kundur Utara ini merupakan salah satu sekolah yang kita usung diajang ini yang melalui tahapan-tahapan lomba dari tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi lalu kita bawa ke tingkat nasional,” kata Rizal melalui pesan singkatnya kemarin.

Menurut Rizal, SDN 003 Kundur ini bersaing dengan sekolah lain dari 21 provinsi di Indonesia yang mengirimkan pesertanya. ”Hadiahnya berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan Rp 25 juta,” sebutnya. Ternyata tidak hanya itu prestasi yang diraih dari Kepri, Puskesmas Kundur Utara juga menerima penghargaan sebagai Puskesmas Pembina Usaha Kesehatan Sekolah terbaik (UKS) nasional bersama 32 puskesmas lainnya di Indonesia. ”Tentu ini semua diperoleh berkat kerja sama tim pembina UKS, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi,” sebutnya.

Tim UKS ini, sambungnya, merupakan kolaborasi dari 4 menteri yaitu Kemendagri sebagai ketua, Kemendikbud, Kemenag dan Kemenkes. ”Untuk tingkat provinsi dan kabupaten-kota diketuai oleh kabiro dan bagian Kesra,” sebutnya. Untuk penilaiannya, sebutnya mencakup Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan reformasi mental dengan 2 kategori yaitu penampilan terbaik atau best performance serta pencapaian terbaik atau best achievement. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here