SDN 004 Pulau Sirai Bakal Terima Rp 350 Juta

0
536
TENAGA pengajar di SDN 004 kelas jauh Mantang di Pulau Sirai, menggunakan pompong saat menjalanan tugas.F-ISTIMEWA/warga

Kadisdik Bintan Usulkan di APBD-P 2018

MANTANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan sudah menerima surat hibah lahan SDN 004 kelas jauh Kecamatan Mantang, di Pulau Sirai. Berdasarkan surat ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan menjanjikan, akan merehab ruang kelas belajar SDN 004 di Pulau Sirai.

Dalam surat hibah lahan tersebut, SDN 004 di Pulau Sirai, Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang terletak di hamparan tanah seluas 60 meter x 21 meter, atau sekitar 1.260 meter persegi. Lahan ini terletak di RT03/RW02 di Pulau Sirai, Desa Mantang Besar.

Lahan ini awalnya milik Dali, kemudian dihibahkan untuk gedung sekolah melalui Kepala Desa, atas nama Saipul. Surat hibah lahan tersebut ditandatangani kedua belah pihak, 3 Januari 2018 lalu. Kemudian, diserahkan kepada Dinas Pendidikan Bintan.

Baca Juga :  Desa Busung Juara Festival Lampu Cangkok

”Ya, surat hibah lahan itu sudah ada. Rencananya, di APBD-P 2018 ini, kita anggarkan untuk merehab sekolah tersebut,” kata Tamsir SSi MSi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (7/8) kemarin.

Selama ini, SDN 004 kelas jauh Mantang di Pulau Sirai, belum mendapat bantuan dari anggaran pemerintah, baik untuk rehab gedung maupun penambahan ruang kelas belajar. Bahkan, ketika Pemkab Bintan menyediakan dana DAK kegiatan fisik sebesar Rp 6,1 miliar pada tahun 2018 ini, SDN 004 di Pulau Sirai belum bisa sebagai penerima alokasi dana, akibat belum ada surat hibah lahan, pada akhir 2017 lalu.

Baca Juga :  Timpora Waspadai Turis Tiongkok dari RHF

”Karena surat hibah adanya baru di awal tahun anggaran 2018, makanya alokasi dana bisa diberikan pada APBD Perubahan 2018 ini. Untuk kegiatan di SDN 004 di Pulau Sirai nanti itu, kita rehab seluruhnya. Ada 3 ruang kelas yang bakal direhab itu,” sebut Tamsir.

”Sampai akhir tahun 2018 nanti, belum ada pembangunan gedung RKB baru. Anggaran yang kami usulkan untuk rehab di APBD perubahan ini, senilai Rp 350 juta,” sambungnya.

Sebelumnya, Camat Mantang Pilihan mengatakan, selama ini, SDN 004 di Pulau Sirai yang menjadi kelas jauh Kecamatan Mantang, tidak bisa menerima bantuan dari anggaran pemerintah, akibat terkendala hibah lahan itu. Karena, dalam aturan sistem keuangan pemerintahan, anggaran bisa dialokasikan jika lahan fasilitas umum seperti sekolah sudah menjadi aset pemerintah.

Baca Juga :  Betul Enggak, Bukan Hoax Kan? Ternyata Betul

”Untuk masalah hibah lahan SDN 004 di Pulau Sirai, saya sudah menghubungi Kepsek. Dari pemilik lahan sudah ada surat hibahnya. Pak Kepsek Muhayyan pun sudah menyerahkan surat hibah lahan itu kepada Kabid di Dinas Pendidikan Bintan. Sudah selesai kok,” kata Pilihan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here