Sebar Hoax, Agus Ramdan Diamankan Polisi

0
335

TANJUNGUBAN – Pihak Kepolisian Sektor Bintan Utara (Binut) mengamankan Agus Ramdan Ginting (40). Polisi mengamankan warga Kelurahan Tanjunguban Timur tersebut karena menyebarkan hoax dan ujaran kebencian di media sosial terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Agus yang didampingi dua orang rekannya diamankan sejak Senin (7/1) hingga malam. Agus langsung diperiksa oleh penyidik reskrim Polsek Bintan Utara atas postingannya di media sosial Facebook.

Indra Setiawan, Ketua DPC PDIP Bintan yang mendatangi Mapolsek Bintan Utara bersama kadernya mengapresiasi langkah kepolisian yang langsung mengamankan dan memeriksa pelaku tanpa adanya laporan terlebih dahulu. Menurutnya langkah proaktif tersebut memutuskan kondisi yang mulai tidak kondusif pasca postingan pelaku.

Ia juga menambahkan jika langkah cepat tersebut juga mencegah adanya gesekan dan juga perpecahan antar suku dan golongan akibat postingan tersebut.

“Kami mengapresiasi atas langkah kepolisian. Hal ini karena beberapa kader dan simpatisan kami sudah mulai riuh atas perilaku pelaku ini. Ya jangan sampai ada tindakan main hakim sendiri lah, saya juga berusaha menenangkan kader, namun tidak semua kader dapat dikontrol langsung,” sebutnya pada Senin (7/1) malam.

Ia menyebutkan, secara pribadi dan pimpinan partai pihaknya sudah memaafkan pelaku penyebaran dan hoax dan ujaran kebencian tersebut, namun disisi lain perlu ada langkah hukum untuk memberikan shock terapi kepada yang bersangkutan.

“Kami juga mempertimbangkan kondisi pelaku, keluarga, anak dan istrinya. Jadi kami maafkan. Namun permintaan maaf tersebut harus dilakukan di kantor polisi, ini agar ada bukti nyata jika pelaku benar-benar meminta maaf. Kemudian kantor polisi adalah tempat yang aman dan tepat untuk penyelesaian kasus tersebut,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pihaknya sangat mendukung pihak kepolisian untuk memerangi hoax dan ujaran kebencian. Hal ini agar masyarakat dapat dengan cerdas berdemokrasi dan juga dapat menjaga situasi keamanan di Bintan yang selama ini sudah terjaga dengan baik.

“Kami menolak hoax, siapa pun itu, partai apapun pasti juga akan memerangi hoax. Selaku kader PDIP juga kami ingin membantu kepolisian memerangi hoax. Ayo kita sebagai masyarakat mengampanyekan jagoannya dengan prestasi dan nilai jual positif yang dimiliki, sehingga masyarakat dapat memilih dengan cerdas dan tepat,” pesannya.

Sementara itu, sebelumnya, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang melalui Kasatbinmas AKP Suharjono sudah menyampaikan perihal melawan hoax dan ujaran kebencian. Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban.

“Ayo jangan sampai kita terpecah akibat hox dan ujaran kebencian. Mari jaga persatuan dan keamanan di masyarakat,” ajaknya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here