Sebelum Kuliah, Kenali Dulu Kampus & Dosen

0
356
UNSUR pimpinan Kampus STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang foto bersama dengan mahasiswa baru pada pembukaan PBAK 2018 usai menyematkan peci dan tanda peserta PBAK yang mewakili. F-adly bara hanani/tanjungpinang pos

86 Mahasiswa Baru STAI-MU Ikuti PBAK Tiga Hari

Sebanyak 86 orang mahasiswa-mahasiswi baru (Maba) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) Tanjungpinang, tahun ajaran 2018/2019 ikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bertempat di Kampus STAI-MU di Jalan Kepodang IV KM 11.

TANJUNGPINANG – Kegiatan tersebut resmi dibuka, Kamis (13/9) dan digelar selama tiga hari yang berakhir hari ini Sabtu (15/9). Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana PBAK 2018 Muhammad Nur M. Pd. I mengatakan, agar seluruh Maba dapat mengikuti PBAK dengan sebaik-baiknya. M Nur juga menjelaskan beberapa tata laksana kegiatan PBAK di hadapan 77 orang Maba tersebut.

”Sebagai mahasiswa-mahasiswi baru, tentunya kegiatan PBAK ini harus diikuti dengan baik. Sebab, sebelum adik-adik mahasiswa baru mengikuti sistem pembelajaran perkulihan maka harus mengenal lingkungan kampus tempat perkuliahannya,” terang Muhammad Nur, Kamis (13/9).

Selain itu, mahasiswa juga harus mengerti sistem penyelenggaraan akademik STAI-MU baik itu urusan kemahasiswaan, mengenal dosen serta kelas hingga Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di lingkup kampus.

”Dengan mengikuti PBAK ini, nantinya adik-adik mahasiswa tidak canggung ketika mengikuti perkuliahan untuk pertama kalinya. Sebab, telah mengetahui seluruh dosen dan kakak-kakak mahasiswa lainnya,” terang Muhammad Nur.

Ia menambahkan, terpenting seluruh mahasiswa baru telah mengetahui seluruh penunjang perkuliahan yang ada di kampus terkait sarana dan prasarana yang ada.

Mewakili Ketua Yayasan PPPTMU Drs H M Syafrudin yakni Dra Hj Hernawati juga menambahkan, selamat datang bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2018/19 di STAI Miftahul Ulum.

Ia menambahkan, seluruh mahasiswa baru agar serius perkuliahan agar menjadi lulusan yang dapat diterima nantinya di tengah-tengah masyarakat.

Dengan adanya PBAK ini, tentunya kesempatan untuk lebih mengenal seluruh penunnjang perkuliahan, sarana dan prasarana pendukung menuntut ilmu.

”Lebih tepatnya lagi, mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan seluruh mahasiswa yang ada. Selain itu, juga bisa mengenal seluruh dosennya berikut kualitasnya serta proses pembelajarannya,” terang Hj Hernawati.

Sementara Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Drs H Nazarudin MH mewakili Ketua Kampus STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang menambahkan, mahasiswa merupakan agen perubahan sosial.

Ia menambahkan, peran mahasiswa sebagai Agen of Change dan social control adalah perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan akan memberikan manfaat.

Selain untuk untuk dirinya sendiri, orangtua, teman-teman, masyarakat di sekitarnya untuk negara.

”Dengan kegiatan ini, tentunya mahasiswa baru STAI Miftahul Ulum tahun ini. Resmi menyandang status mahasiswa, dan tentunya harus memahami berbagai aspek yang menjadikan mahasiswa adalah agen perubahan sekjaligus calon pemimpin bangsa,” terang Drs H Nazarudin MH.

Nazarudin juga menambahkan hal yang sama, bahwa tujuan PBAK untuk mengenalkan kepada tentang wilayah akademik kemahasiswaan serta sistem akademik tahun ajaran 2018/2019.

”Jadi ada beberapa materi yang disampaikan kepada dalam kegiatan PBAK ini. Seperti nilai akademis dari masing-masing prodi. Selain itu, ada beberapa materi pokok tentang perkuliahan,” ujar Nazaruddin. (ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here