Sebentar Lagi, Bisa Cek Syarat PPDB

0
269
Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma

TANJUNGPINANG – Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) segara dilaksanakan. Dijadwalkan mulai 1-6 Juli
mendatang. Para orangtua dan calon siswa sudah bisa melihat proses atau syarat PPDB tahun 2019 melalui https://tanjungpinang.siap-ppdb.com .

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma meminta kepada seluruh masyarakat memahami prosedur ini. Apalagi ini merupakan pertama kali dilaksanakan di Tanjungpinang. Ia berharap, masyarakat jangan sampai berprasangka proses ini berniat mempersulit orangtua siswa.

“Sebagian orangtua ada yang bertanya. Ada juga yang berpendapat sistem online berniat mempersulit. Sekali saya tegaskan, tujuan sistem online harusnya mempermudah dan transparansi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Terpenting menurutnya, pemerintah melalui OPD terkait memastikan jaringan atau server yang digunakan tidak bermasalah, khususnya saat proses pendaftaran.

Dituturkannya, masyarakat tidak perlu khwatir anaknya tidak mendapatkan kursi, Hj Rahma menuturkan, bahwa siswa dalam usia pelajar wajib bersekolah.

“Aturan itu kan memberikan ketertiban, bukan mengabaikan tujuan utamanya yaitu seluruh siswa baru tertampung. Jadi kami pastikan bahwa siswa usia pelajar akan bersekolah,” ucapnya.

Terpenting ia berpesan para orangtua juga jangan memaksakan kehendak ke sekolah tertentu. Harus melihat jarak antara rumah ke sekolah atau disebut sistem zonasi. Bila hal ini diterapksan siswa belum juga tertampung maka nantinya akan dicarikan solusi.

“Saya pastikan bahwa siswa harus tertampung dengan berbagai solusi yang diberikan,” tuturnya.

Diantaranya, mengabaikan hal-hal yang bukan prinsip. Misalnya jumlah siswa per kelas ditentukan 32 orang nantinya bisa lebih dari itu.

“Ini kebijakan lagi, sembari nantinya memenuhi ruang kelas baru agar ketentuan itu bisa terealisasi,” ucapnya.

Para orangtua mengaku sosialisasi dari Dinas Pendidikan terkait penerimaan siswa belum maksimal. Bahkan belum ada pengumuman terkait sistemnya.

Salah satu orangtua siswa, Rini meminta Ketua PPDB sudah mengumumkan atau mensosialisasikan web penerimaan siswa baru melalui sekolah-sekolah yang dapat menyampaikan kepada orangtua siswa. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here