Sebong Lagoi Bangun Wisata dari PADes

0
249
Abu Bakar Saidon

TELUKSEBONG – Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong mulai membangun desa wisata. Kawasan ini dibangun dengan menggunakan anggaran dari Pendapatan Asli Desa (PADes).

Sejak tahun 2019 ini, pembangunan wisata dibangun mulai dari Rainbow Village, yang berada di Kampung Baru Lagoi. Abu Bakar Saidon, Kepala Desa Sebong Lagoi mengatakan, pihaknya mulai membangun Kampung Baru sebagai destinasi wisata karena potensinya cukup besar. Melihat Kampung Baru berada diantara hotel dan resor.

”Kami kucurkan Rp31 juta untuk Rainbow Village, Kampung Baru. Itu ada dalam APBDes tahun 2019. Namun anggarannya itu, kami sediakan bukan dari APBN maupun APBD. Tetapi dari PADes sisa BUMDes kami,” jelasnya, Senin (22/7).

Dijelaskannya, pengembangan rainbow village juga melibatkan anak muda kreatif desa. Sehingga pelantar dan rumah yang dicat memiliki keunikan dan seni yang menarik.

”Tahun depan, kami ada rencanakan pembangunan homestay di Kampung Baru. Tapi saat ini masih dalam tahap perencanaan master plan dulu,” sebutnya.

Sejak dibangun rainbow village, Kampung Baru semakin banyak dikunjungi wisatawan. Dampaknya kepada aktivitas dan pendapatan warga.

”Masuk Kampung Baru kan gratis. Tapi turis kan beli kelapa muda, kue-kue dan kerajinan tangan kan pakai duit. Jadi pendapatan kan untuk warga kami,” imbuhnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here