Sebong Lagoi Jadi Pilot Project

0
38
SEKDA Bintan Adi Prihantara menyerahkan bibit tanaman kepada Dasawisma Sebong Lagoi, disaksikan Elyza Riani dan sejumlah OPD. F-ISTIMEWA

Pemkab Programkan Wisata Berbasis Hatinya PKK

BINTAN – Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong menjadi pilot project wisata berbasis Hatinya PKK. Pemkab Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bersama PKK Kabupaten Bintan sudah membenahi desa tersebut.

Ketua Pokja 3 TP PKK Kabupaten Bintan Elyza Riani menjelaskan, konsep wisata berbasis Hatinya PKK ini merupakan ide dari Ketua TP PKK Bintan Hj Debby Maryanti. Menurutnya, Hj Debby Maryanti menginginkan agar masyarakat khususnya kaum ibu desa mampu bersinergi. Dalam konsep ini, Desa Sebong Lagoi menonjolkan wisata edukasi tentang 10 program pokok PKK, terutama kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

”Begitu wisatawan asing masuk ke desa, akan ditemui suatu destinasi yang berbeda. Bagaimana perkarangan rumah penduduk tertata dengan bunga-bunga dan tanaman-tanaman ekosistem yang bermanfaat. Sebong Lagoi menjadi desa pilot project konsep ini,” ujar Elyza Riani.

Sekda Bintan H Adi Prihantara MM menjelaskan, guna mewujudkan hal tersebut, Pemkab Bintan meminta agar Dasawisma Desa Sebong Lagoi segera diaktifkan. Dari angka kunjungan wisman ke Bintan tahun 2017, wisatawan yang berkunjung berkisar 700-an ribu, yang terdiri dari 370 ribu turis asing dan 300 ribuan wisatawan lokal.

”Ini kesempatan kita, bagaimana kita membuat suatu konsep wisata baru dengan melibatkan masyarakat desa. Kita sudah banyak temui, bagaimana desa-desa di daerah Jawa mampu berkembang pesat, dengan menciptakan lokasi-lokasi wisata baru,” ujar Adi Prihantara, di sela temu wicara dengan kaum ibu di Desa Sebong Lagoi, baru-baru ini.

”Ini yang akan kita wujudkan di Desa Sebong Lagoi ke depan,” sambung Sekda. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here