Sebulan, Mini Hidroponik Teluksasah Panen 30 Kg Sayur

0
93
APARATUR Desa Teluksasah Panen Sayuran Hidroponik di halaman kantor desa, Senin.

SERIKUALALOBAM – Kebun mini hidroponik Desa Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam menghasilkan puluhan kilogram sayur per bulannya. Meski baru 2 kali panen, namun setiap bulan lebih dari 30 kilogram sayur yang dipanen.

Di kebun seluas 4 kali 12 meter tersebut, pihak desa mengembangkan beberapa sayuran. Seperti sawi, kangkung, selada dan seledri. Dari beberapa item tersebut dapat dipanen dalam masa tanam 1 bulan setelah dilakukan pembibitan.

Suhairi, Kepala Desa Teluksasah mengatakan, kebun percontohan desa ini sudah dikembangkan sejak tahun 2019 lalu. Namun baru dapat diproduksi lebih baik dan tertata, sejak 2 bulan terakhir ini.

”Kami kembangkan pelan-pelan, sedikit-sedikit. Banyak belajar dan memantau kendala tanam bibit tanaman. Nah dua bulan terakhir ini sudah rutin dipanen,” sebutnya, Senin (23/3).

Ia mengatakan, kebun yang dikelola bersama PKK dan aparatur desa ini akan menjadi percontohan. Sehingga masyarakat akan tertarik untuk ikut mengembangkan pertanian serupa.

”Kami kasih contoh, yang ingin belajar kami ajak bersama. Nah kalau serius menjalankan ini, pasti nantinya akan mendatangkan penghasilan. Kalau sudah besar pasti kami akan mampu memasok sayuran,” jelasnya.

Ia mengatakan, lahan yang terbatas dan jumlah penduduk yang banyak menjadikan potensi pengembangan hidroponik sangat potensi di lakukan di Teluksasah. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here