Sedanau-Bunguran Segera Dibangun Jembatan

0
832
Hamid Rizal

NATUNA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Natuna dorong percepatan pembangunan jembatan Pulau Sedanau – Bunguran Besar. Jembatan itu diharapkan bisa jadi motor penggerak roda perekonomian antar kedua pulau dan menghubungkan pulau lainnya.

Bupati Natuna Hamid Rizal menjelaskan, Pulau Sedanau merupakan pulau bandar yang dikenal sejak lama.

Ia mengatakan, pulau itu sejak dulu menjadi kiblat perekonomian masyarakat Natuna, terutama sekali yang berkaitan dengan usaha ekspor maupun impor.

Pulau yang letaknya persis di sebelah barat, dan berseberangan dengan Pulau Bunguran Besar itu, dimana ibu kota Natuna, yakni Ranai berada.

”Pulau itu angat terkenal dengan sumberdaya alam dan letak strategis, sehingga dapat berpeluang untuk mengembangkan perekonomian,” ujar Hamid Rizal, Sabtu (8/4) kemarin.

Menurutnya, kejayaan Pulau Sedanau yang sejak dulu ada, harus dipertahankan dan dikembangkan untuk menggerakan perekonomian.

Untuk itu, Pemkab Natuna ingin membangun jembatan yang menghubungkan tembus ke Pulau Bunguran Besar dari Sedanau.

”Kita ingin jembatan itu bisa mendorong Sedanau, yang sejak dulu sebagai kota Bandar yang handal dan terkenal,” katanya.

Ia melanjutkan, proyek pembangunan jembatan itu sudah termasuk pada rencana program kegiatan Kementerian PUPR, dan sudah menjadi bagian program percepatan pembangunan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Diperkirakan, jembatan itu akan membentang sekitar 7 kilo meter dari wilayah Desa Sumedang, Bunguran Besar menuju Pulau Sedanau. Proyek jembatan jumbo itu, diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp 1,2 triliun.

”Rencana ini kita dorong terus, agar prosesnya cepat dan masyarakat bisa merasakan dampaknya,” sbut Hamid Rizal.

Ia pun meyakini, bila rencana di atas sudah terwujud, banyak sekali sektor pembangunan bisa tersentuh dan dapat dilaksanakan dengan mudah oleh pemerintah dan masyarakat.

”Kalau jembatan itu jadi, banyak hal yang kita bisa buat. Kita mudah menjual ikan, cengkeh dan hasil alam lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan keyakinannya untuk sektor pariwisata akan hidup dengan adanya jembatan itu.(HERDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here