Segera Dibahas dengan Pemprov

0
298
Warga Kampung Nusantara membongkar pembatas Jalan Raya Dompak, Tanjungpinang. Agar air yang menggenangi jalan raya bisa mengalir dengar deras F-ANDRI/TANJUNGPINANG POS

Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul mengatakan, Pemko Tanjungpinang secepatnya akan berkoordinasi kepada Pemprov Kepri terkait penanganan banjir di beberapa ruas jalan di Kota Tanjungpinang.

Koordinasi tersebut perlu dilaksanakan agar penanganan genangan air dan banjir di beberapa ruas jalan dan pemukiman penduduk dapat segera direalisasikan.

Terjadinya banjir di beberapa ruas jalan tersebut lebih disebabkan oleh tingginya curah hujan disertai pasang air laut yang diperparah dengan tersumbatnya saluran drainase.

Kesulitan Pemko Tanjungpinang untuk melaksanakan penanganan di beberapa titik genangan air, disebabkan oleh status jalan pada umumnya merupakan jalan milik Povinsi Kepri.

”Secepatnya kita akan berkoordinasi ke Pemrov Kepri, agar penanganannya bisa segera dilaksanakan. Kita akan inventarisir dimana saja titik-titik banjir yang terjadi pada jalan milik provinsi, atau jalan nasional. Saya akan komunikasikan langsung kepada gubernur,” kata H Syahrul setelah selesai salat Jumat berjamaah di Masjid As Sakinah kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (18/1).

Hujan yang mengguyur Tanjungpinang sejak dini hari kemarin merendam beberapa rumah warga di Jalan Sulaiman Abdullah dan beberapa rumah warga lainnya.

Saat itu juga, H Syahrul langsung menginstruksikan BPPD, dan Satpol PP Kota Tanjungpinang untuk menguras air dari kediaman warga yang tinggal di Jalan Sulaiman Abdullah.

Menurut pemilik rumah, kondisi tersebut terjadi hampir di setiap hujan lebat yang disertai dengan pasang air laut.

Melihat parahnya kondisi di sekitar pemukiman warga tersebut, Wako segera menginstruksikan agar dinas teknis terkait melakukan normalisasi saluran drainase di sekitarnya, mulai dari Skip sampai ke Gang Sagu.

Syahrul sudah meninjau terjadinya genangan air di beberapa titik seperti Jalan Anggrek Merah, Jalan Rawasari, Jalan Bhayangkara, Jalan Sulaiman Abdullah, Jalan Ir Sutami, Perumahan Taman Harapan Indah, Perumahan Taman Seraya, Perumahan Jala Bestari, dan Jalan DI Pandjaitan Km 7.

Untuk membantu warga yang rumahnya tergenang air hingga mengganggu aktivitas serta mengantisipasi kembali terjadinya hujan lebat, Syahrul minta kepada Dinas Sosial Kota Tanjungpinang untuk mendirikan dapur-dapur umum.

Hal itu perlu dilakukan karena genangan air merendam beberapa rumah warga di beberapa titik.

Tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Hendri mengatakan, Dinas PUPR Kota Tanjungpinang akan melaksanakan pekerjaan normalisasi drainase di Jalan Anggrek Merah, Bhayangkara, Jalan Sulaiman Abdullah sampai dengan pembuatan outlet drainase di Jalan Kuantan.

Pembuatan drainase yang melintasi Jalan DI Panjaitan Km 7 (depan SPBU) direncanakan akan dikerjakan pada Maret 2019 ini. Pengerjaan outlet drainase hingga ke Jalan Kuantan.

Untuk menangani permasalah banjir di Sukaberenang, pada tahun ini Dinas PUPR terlebih dahulu akan melaksanakan pembebasan lahan bersama tim apresial.

Hal itu perlu dilaksanakan karena pembuatan outlet drainase dari Sungai Nibung Angus (sekitar Jalan Ir Sutami) harus melewati pemukiman dan lahan milik warga. (dri/dlp/ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here