Segera, Digelar Rakor Penanganan Karhutla

0
198
Adi Prihantara

BINTAN – Sekda Bintan Adi Prihantara menegaskan, Pemkab Bintan segera melaksanakan rapat koordinasi dengan kepolisian dan OPD terkait, untuk penangaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mengenai keterbatasan armada pemadam kebakaran (damkar), Sekda berharap bakal muncul inovasi yang kreatif.

”Kebakaran hutan dan lahan di Bintan ini, sudah menjadi masalah serius. Kita segera rakor untuk penanganan karhutla ini,” tegas Adi Prihantara, usai menghadiri rapat paripurna penyampaian Ranperda perubahan APBD 2019, Selasa (13/8) kemarin.

Adi Prihantara menerangkan, penanganan kebakaran tidak semata-mata menjadi tugas personel Damkar. Namun, menjadi tanggung jawab semua komponen. Termasuk kepedulian masyarakat. Dari sejumlah kasus kebakaran yang terjadi selama ini, kebakaran hutan dan lahan, lantaran ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Baik dari orang yang membuka lahan pertanian, atau membiarkan lahan dalam kondisi terbakar.

”Dalam waktu dekat ini, kita gelar rapat koordinasi dengan Tim Satgas penanggulangan karhutla, bersama Polres Bintan. Kalau tak dalam minggu ini, ya pekan depan gitu lah,” kata Sekda.

”Kita selama ini dibantu Polres Bintan dan kita sudah ada Satgas penanggulangan karhutla. Diharapkan melalui rapat ini bisa meningkatkan komunikasi yang intensif, dan ada inovasi dan kreatif, dalam mengatasi kejadian ini,” sambungnya.

Sebab, lanjut Adi Prihantara, armada damkar di Bintan sangat terbatas. Beberapa mobil damkar, kondisinya sudah usang dan tidak layak. Dengan segala keterbatasan armada dan personel Damkar dimiliki Pemkab Bintan, diharapkan ada inovasi dan kreativitas dalam penanganan karhutla ini.

”Inovasi kreatif itu bisa saja memodifikasi mobil pikap, yang disertai dengan mesin robin penyedot air. Nah, ketika ada kebakaran, mobil ini bisa digunakan,” demikian disampaikan Adi Prihantara. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here