Segera Operasionalkan SWRO Batu Hitam

0
861
Diskusi Publik: Waka I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga saat jadi narasumber di diskusi yang digelar mahasiswa Umrah.f-ENDANG/TANJUNGPINANG POS

Warga Mengeluh Kekurangan Air Bersih

TANJUNGPINANG – Masih banyak warga Tanjungpinang yang mengeluh sulit mendaptkan air bersih. Biasanya terjadi di rumah-rumah penduduk yang berada di kawasan pesisir. Seperti Tanjungunggat, lembah Purnama, Potong Lembu dan Kampung Bugis.

Terkait hal ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IP) UMRAH mengadakan diskusi publik mengenai upaya menanggulangi kekurangan air bersih di Kota Tanjungpinang.

Hadir menjadi narasumber Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga, perwakilan PDAM Tirta Kepri serta akademisi.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Fisip Dompak, belum lama ini. Dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan.

Baca Juga :  Pemprov Diminta Tetap Bantu Anggaran

Ade menuturkan, warga pesisir selama ini kesulitan mendapat air bersih. Persoalannya masih tetap sama, yaitu tidak bisa membuat sumur dan tidak masuknya sambungan PDAM.

Terkait hal ini, pemerintah sudah berusaha membuat SPAM. Jumlahnya mungkin belum merata dan akan terus diupayakan.

”Di kawasan Kampung Bugis sudah ada beberapa SPAM. Begitu juga dengan Pulau Penyengat yang kini sudah dapat di manfaatkan masyarakat,” tuturnya.

Meski demikian masih perlu terus dibangun, atau minimal segera mengoperasionalkan SWRO Batu Hitam. Hingga kini belum di operasionalkan. Ketua Prodi IP UMRAH, Nazaki menuturkan, persoalan air harus segera diselesaikan.

Baca Juga :  23 Sekolah SMA Sederajat Ikut Seleksi Paskibra

Ini menjadi sumber kebutuhan masyarakat yang harus di penuhi. Masih banyak warga yang harus mengeluarkan dana yang besar untuk membeli air. Ini sangat memprihatinkan.

Kepala bagian teknik PDAM Tirta Kepri, Tri Wahyu Purnama mengatakan, PDAM memiliki langkah strategis sebagai upaya menanggulangi kekurangan air bersih.

Langakah tersebut terdiri dari program jangka pendek, program jangka menengah dan program jangka panjang. ”Masih jauh dari ketersediana kebutuhan masyarakat, namun terus diupayakan,” terangnya.

Keterbatasan anggaran menjadi satu hal yang juga menjadi penghambat pelaksanaan beberapa program yang ada. (endang/dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here