Sehari, Kadisduk Bintan Teken 200 Permohonan Akta

0
352
Ismail

BINTAN – Mempercepat proses pemenuhan akta kelahiran di Bintan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan terus jemput bola melayani pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) tersebut. Sehari, bisa mencapai 200 berkas pemohon yang ditandatangani.

Ismail, Kepala Disdukcapil Bintan mengatakan, dalam sehari, dirinya meneken sebanyak 200 data permohonan akta kelahiran terlambat. Hal ini agar warga Bintan memiliki akta kelahiran, meski terlambat atau sudah dewasa.

”Sampai saat ini, sudah 97 persen warga Bintan yang terpenuhi data itu. Kami terus membantu melengkapi data kependudukan masyarakat, soal akta kelahiran ini,” sebut Ismail, kemarin.

Baca Juga :  Wabup: Bintan Siap Bikin Festival Jong Tingkat Provinsi

Selain mengejar pemenuhan akta kelahiran terlambat ini, pihaknya juga membuka komunikasi dengan RT/RW dan bidan, serta pusat kesehatan. Nanti, akan ada grup WhatsApp (WA) khusus permohonan akta kelahiran.

”Jadi, nanti RT/RW dan bidan tinggal WA saja, data kelahiran anak. Tim kami telusuri dan cetak. Nanti kalau warga mau ambil akta kelahiran anaknya, tinggal serahkan data asli ke kami. Itu lebih mudah dan cepat. Jadi tidak perlu bolak balik lagi,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, begitu juga di pulau-pulau yang tidak ada jaringan internet atau sistem. Data kelahiran cukup diinformasikan dan nanti akan ada tim yang menjemput data tersebut.

Baca Juga :  Serapan Anggaran Fisik Melebihi 40 Persen

”Kalau tidak ada sistem, tidak ada jaringan, wajib kami layani dengan sistem manual. Itu bukan kendala. Intinya, masyarakat harus terlayani dan tetap regulasi kita hormati,” tuturnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here