Sejumlah Sekolah Butuh Komputer

0
254
PELAJAR saat mengikuti tes minat dan bakat oleh perusahaan minyak Medco E&P beberapa bulan lalu. F-ISTIMEWA/tanjungpinang pos

Dari 26 sekolah hanya dua sekolah saja yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Sisanya, masih memiliki kendala karena tidak memiliki fasilitas perlengkapan pendukung UNBK seperti komputer.

ANAMBAS – Tahun 2019, sejumlah fasilitas dan perlengkapan mulai dipenuhi. Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas Nurman mengatakan, sejauh ini para siswa masih menerapkan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) dan belum bisa menerapkan secara UNBK dikarenakan sejumlah peralatan pendukung belum ada.

”Kalau soal sinyal kita gunakan offline. Kendalanya hanya fasilitas seperti komputer yang belum tersedia,” kata Nurman ketika ditemui kemarin.

Ia menambahkan, pada tahun ajaran 2019 mendatang Dinas Pendidikan akan melakukan ujicoba sebagai percontohan bagi sekolah yang ada di Anambas dalam menerapkan UNBK.

Ada dua sekolah yang akan melaksanakan UNBK tersebut, yakni SMP 1 Palmatak dan SMP 2 Siantan.

”Kita akan uji coba tahun 2019 nanti. Dua sekolah tersebut peralatannya sudah lengkap. Insya Allah tidak akan mengalami kendala lagi,” ujar dia.

Kata Nurman, sejumlah sekolah sudah ada wifi nusantara dan itu bisa juga di manfaatkan oleh umum atau masyarakat ketika diluar proses belajar.

Namun, ia juga mengharapkan kepada masyarakat yang memanfaatkan fasilitas wifi nusantara di sekolah, agar dapat menjaga kebersihan sekolah, tentu tidak membuang sampah sembarangan.

”Sejumlah sekolah sudah ada wifi nusantara. Saya berharap kepada penikmat wifi agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah,” tutur dia. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here