Sejumlah Wilayah Perlu dibangun Tower BTS

0
465
Jefrizal

ANAMBAS – Sejumlah titik di wilayah Anambas yang belum tersentuh sinyal telekomunikasi dan internet akan diusulkan untuk dibangun Base Transceiver Station (BTS) pada tahun 2019 ini.

Langkah tersebut dilakukan agar seluruh daerah yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri dapat merasakan pelayanan di sektor telekomunikasi dan internet tahun 2020.

”Titik-titik yang kita usulkan antara lain, Desa Ulu Karas, Desa Liuk, Desa Tarempa Barat Daya dan beberapa dusun yang belum tersentuh sinyal,” kata Jeprizal, ketika ditemui, kemarin di ruang kerjanya.

Menurut dia, dari tahun 2017 sampai dengan 2018 pihak Kementerian Kominfo membangun 14 BTS. Dengan estimasi tujuh di tahun 2017, dan tujuh lainnya di tahun 2018.

”Untuk tahun 2018 itu, antara lain yakni Desa Bukit Padi, Desa Lingai, Desa Air Bini, Desa Mampok, Desa Air Biru dan Desa Piasan. Sedangkan tahun 2017 itu merupakan recovery,” jelas dia.

Baca Juga :  Setelah Letung, Wings Terbang ke Rengat

Lanjut dia, pihaknya meminta pihak operator sepeti Telkomsel untuk meningkatkan layanan dari 2G menjadi 3G serta dari 3G menjadi 4G.

”Jaringannya juga harus diperluas, dengan menggunakan Backbone Palapa Ring Barat (PRB), agar pelayanan sinyal kepada masyarakat dapat maksimal,” tegasnya. Upaya ini harus dilakukan, tambah dia, agar kebutuhan akses telekomunikasi dan internet dapat terjangkau dan dirasakan seluruh masyarakat di daerah perbatasan.

Ia juga menyampaikan, bahwa operator Smartfren telah membangun sejumlah tower di Anambas.

Bahkan diperkirakan pada bulan Maret ini, akan on air melayani masyarakat.

”Ke depan akan diupayakan untuk diperluas sampai Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Palmatak. Saat ini ada 4 yang sudah selesai towernya, 2 lagi dalam pembangunan. Dengan bertambahnya tower tersebut maka telekomunikasi akan meningkat di Anambas,” ucap dia.

Baca Juga :  Masjid Jami Baiturrahim Batal Direnovasi

Berdasarkan keterangan dari pihak Smartfren akhir tahun 2018 lalu, mereka sedang gencar membangun sejumlah fasilitas pendukung. Mulai dari 14 BTS, serta pembangunan jaringan Wifi Box 4G untuk masyarakat Natuna.

Pada Oktober tahun 2018 lalu, masyarakat di Kecamatan Jemaja dan sekitarnya meminta Pemkab Kepulauan Anambas agar mendorong pihak PT Telkomsel membangun infrastruktur berupa Tower Moratel, seperti yang sedang dibangun di wilayah Kecamatan Palmatak.

Tower Moratel yang dibangun di Palmatak tersebut, yang bakal menggunakan jaringan fiber optik Palapa Ring Barat (PRB) ke depannya.

Baca Juga :  Kepala OPD Tak Boleh Nginap di Hotel

Jika tidak dilakukan pembangunan pada tahun 2018 ini, sangat mengkhawatirkan akan terlambat bahkan besar kemungkinan tidak bisa menikmati jaringan fiber optik yang telah terpasang dan dibangun di Kecamatan Siantan.

Diketahui saat ini, akan berfungsinya jaringan PRB hanya menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan RI terkait tarifnya saja.

”Kami meminta atau memohon, agar pembangunan tower Moratel penangkap jaringan fiber optik yang dikoneksikan dari PRB ke wilayah Jemaja atau di Jemaja Timur dari ibukota kabupaten nantinya,” ujar Hery Hendriko, selaku tokoh masyarakat kepada wartawan ketika dihubungi, Jumat (19/10) tahun lalu. (ign)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here